Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana pada Ny. N Akseptor KB Depo Progestin

Authors

  • Namira HI.Sanuddin PS D3 Kebidanan FKM UMI
  • Nurhayati PS D3 Kebidanan FKM UMI
  • Evi Istiqamah PS D3 Kebidanan FKM UMI

DOI:

https://doi.org/10.33096/wom.vi.896

Keywords:

Asuhan Kebidanan, Depo Progestin, Keluarga Berencana

Abstract

Menjalani program KB sangat bermanfaat bagi pasangan suami istri, selain membatasi kelahiran, juga bermanfaat seperti menurunkan risiko kehamilan. Menurut profil kesehatan Sulawesi Selatan peserta KB aktif hingga triwulan II 2019 mencapai 976.559 akseptor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mahasiswa mampu menggunakan pendekatan manajemen kebidanan dan memberikan asuhan kebidanan kehamilan sesuai dengan standar, dan didasarkan pada teori ilmiah yang menggabungkan praktik dan pengalaman, penulis membutuhkan data subjektif dan objektif terkait teori yang digunakan sebagai dasar analisis pemecahan masalah, untuk itu penulis menggunakan metode anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, studi kasus dan studi kepustakaan. Berdasarkan pendekatan asuhan kebidanan yang didukung oleh beberapa data maka peneliti merumuskan diagnosanya adalah akseptor KB suntik depo progestin, tidak didapatkan data yang menunjang terjadinya masalah aktual dan tidak ada data yang mendukung terjadinya potensi masalah pada Ny. N. Tindakan yang dilakukan Ny. N ini dimaksudkan agar ibu tetap menjadi akseptor KB suntik depo progestin dan memberikan suntikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kajian ini dilaksanakan melalui kerjasama antara bidan dan tenaga kesehatan, sehingga dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan bidan. Evaluasi dilakukan untuk melihat apakah asuhan yang diberikan berhasil. Untuk itu diharapkan klien lebih memperhatikan kondisi fisik dan psikisnya agar tidak terjadi komplikasi dan proses penyembuhan berjalan lancar. 

References

BPS. Statistik Indonesia 2021. Jakarta: BPS; 2021.

BKKBN, Kemenkes, BPS. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: BKKBN; 2018.

Sari M. Pelayanan KB [Internet]. BKKBN. 2017. Available from: https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/1381/intervensi/45128/pelayanan-kb

Nursyafina. Hubungan Karakteristik Akseptor Dengan Pemilihan Jenis KB Di Desa Tukamasea Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. UIN Alauddin Makassar; 2012.

Asia N. Manajemen Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana Pada Ny ”M” Akseptor Lama Depo Progestin Dengan Amenorhea Di Puskesmas Ujumpandang Baru Makassar Tahun 2017. Vol. 4, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin MakassaR. 2017.

Matahari R, Utami FP, Sri Sugiharti. Buku Ajar Keluarga Berencana Dan Kontrasepsi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group; 2018.

BPS. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. Badan Pusat Statistik; 2017.

Andini DY. AP (Acuan Praktik) KB Suntik 3 Bulan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Jakarta; 2019.

Daen A, Kurnaesih E, S S. Manajemen Asuhan Kebidanan pada Ny. E Akseptor IUD dengan Menometroragia. Wind midwifery J. 2020;01(02):66–75.

Insani AA, Nurdiyan A, Yulizawati Y, Bustami LE, Iryani D, Fitrayeni F. “Berpikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan. J Midwifery. 2017;1(2):21.

Rahayu M. Asuhan Kebidanan Pada Ny.Y Dengan KB Suntik Di Puskesmas Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Tahun 2018 Laporan. Poltekes Kemenkes RI Medan; 2018.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

1.
HI.Sanuddin N, Nurhayati, Evi Istiqamah. Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana pada Ny. N Akseptor KB Depo Progestin. wom [Internet]. 2023 Jun. 30 [cited 2024 May 14];:86-93. Available from: https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/wom/article/view/896

Issue

Section

Articles