Pengaruh Sikap dan Self Efficacy terhadap Niat untuk Menyusui pada Ibu Hamil

Authors

  • Linda Hardianti Saputri Prodi DIII Kebidanan FKM UMI
  • Andi Tenri Abeng Prodi DIII Kebidanan FKM UMI
  • Nia Karuniawati Prodi DIII Kebidanan FKM UMI

DOI:

https://doi.org/10.33096/wom.vi.341

Keywords:

Niat ibu, sikap, self efficacy

Abstract

Menyusui adalah proses alamiah yang keberhasilannya tidak diperlukan alat khusus dan biaya yang mahal, namun membutuhkan kesabaran, waktu dan pengetahuan tentang menyusui serta dukungan dari keluarga terutama suami. Cakupan pemberian ASI eksklusif ditingkatkan dengan merancang intervensi yang efektif. Inisiatif yang dapat mendorong penyediaan kualitas dukungan untuk ibu menyusui. Rekomendasi yang dilakukan berupa program ASI eksklusif, yaitu memberikan ASI saja sejak bayi lahir sampai usia 6 bulan, kemudian dilanjutkan sampai usia 2 tahun dengan bantuan makanan pendamping ASI atau MP ASI. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh sikap dan self efficacy terhadap niat untuk menyusui pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Rappokaling Kota Makassar. Design penelitisn ini adalah Cross Sectional study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah ibu hamil yang kehamilannya memasuki trimester III, sebanyak 46 ibu hamil. Analisis data dilakukan dengan menguji pengaruh hubungan variabel yang diteliti dengan menggunakan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh sikap dan self efficacy terhadap niat untuk menyusui pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Rappokaling Kota Makassar. Disarankan Petugas
puskesmas untuk selalu memberikan dorongan kepada ibu hamil dalam berniat untuk menyusui bayinya. Ibu hamil hendaknya sering melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga dapat meningkatkan keyakinan diri dalam berniat untuk menyusui.Keluarga dan orang terdekat hendaknya mendukung ibu hamil dalam berniat untuk menyusui dalam bentuk menceritakan pengalaman-pengalaman orang lain sebelumnya.

References

Lawrence, R.A., Lewrance, M.D., 2011. Breastfeeding A Guide for The Medical Profeson, Seven edition, By Mosby, an imprint of Elsevier Inc, 3251 Riverport Lane Maryland Heights, Missouri 63043.

Perinasia, 2007. Pelatihan Konseling Menyusui Modul 40 jam Standar WHO/UNICEF/DepKes

Walker, M, 2011. Breastfeeding Management for The Clinician: Using The Evidence, 2nd ed.

Minarto, 2010. Modul Pelatihan Konseling Menyusui

Grattan, D.R., 2007. The Action of Prolactin in The Brain during Pregnancy and Lactation. Prog Brain Res. 133, 153 -171.

Cox, D.B., Owens, R.A., Hartmann, P.E., 1996. Blood and Milk Prolactin and The Rate of Milk Synthesis in Women, Exp Physiol. 81. 1007 – 1020.

Ajsen, I, 1971. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision, 50, 179 –211

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : Biopsychosocial interactions (7thed.). United States of America : John Willey & Sons Inc.

Al-Akour, N.A., Khassaweh, M.Y., Ababneh, A.A, 2010. Factors Affecting Intention to breastfeed among.

Syrian and Jordanian Mothers: a Conparative Cross sectional Study, International Breastfeding Journal 5:6.

Bonyata, K., 2001. Hoe Does Milk Production Work? Kelly Mom. Com 1-6.CDC, 2011. Departement og Health and Human Services Centers for Desease Controle and Prevention, Breastfeeding Report Card, United State.

Grattan, D.R., 2007. The Action of Prolactin in The Brain during Pregnancy and Lactation. Prog Brain Res. 133, 153 -171.

Feist, Jess dan Feist, Gregory. 2010. Teori Kepribadian. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Bandura, A, 1986. Social Foundations of Thought and Action, A Social Cognitive Theory. New jersey: prentice-hall.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

1.
Saputri LH, Abeng AT, Karuniawati N. Pengaruh Sikap dan Self Efficacy terhadap Niat untuk Menyusui pada Ibu Hamil. wom [Internet]. 2020 Jun. 30 [cited 2024 May 5];:39-45. Available from: https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/wom/article/view/341

Issue

Section

Articles