Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan

Authors

  • Citra Amalu Prodi DIII Kebidanan FKM UMI
  • Maftuchah Maftuchah Prodi DIII Kebidanan FKM UMI
  • Fitria Hikmatul Ulya Prodi DIII Kebidanan FKM UMI

DOI:

https://doi.org/10.33096/wom.vi.332

Keywords:

Murrotal Al-Qur’an, kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan

Abstract

Kebutuhan tidur tidak hanya dapat dilihat dari aspek kuantitas tidur tapi dapat juga dilihat dari kualitas tidur bayi. Jika kualitas tidur bayi baik, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat dicapai secara optimal, salah satu cara untuk memperbaiki kualitas tidur bayi yaitu dengan cara terapi murrotal Al-Qur’an. Dari wawancara 12 orang tua, didapatkan 8 bayi yang memiliki gangguan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh terapi murrotal Al-Qur’an terhadap kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah bayi yang berusia 3-6 bulan dengan gangguan tidur. Penelitian ini dilakukan sehari 2 kali dan diberikan setiap menjelang tidur. Sampel penelitian 16 bayi yang berusia 3-6 bulan, secara purpossive sampling. Variable independent terapi murrotal Al-Qur’an dan variable dependent kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data uji statistic Wilcoxon. Asym. Sig (p-value 0.000) (< 0,05), Ha diterima dan Ho ditolak atau ada pengaruh sebelum diberikan terapi murrotal Al-Qur’an dan sesudah diberikan terapi murrotal Al-Qur’an terhadap peningkatan kualitas tidur pada bayi usia 3-6 bulan. Kesimpulan penelitian dari penelitian ini ada Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan Di Kelurahan Meteseh Kota Semarang.

References

Marmi, Rahardjo Kukuh. 2015. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyawati, Ari. 2015. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika

Angggraeny, 2018. Pengaruh Terapi Musik Pop Terhadap Kualitas Tidur Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun.

Mardiana, dkk. 2018. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan.

Puskesmas Rowosari 2018-2019.

Rini Sekartini, Nuri Purwito Adi. Gangguan Tidur Pada Anak Usia Bawah Tiga Tahun. Ejurnal Depertemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI.ac.id. Di akses tanggal 1 Januari 2019.

Tena Yuanitasari. 2010. Terapi Musik Untuk Anak Balita. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Mujamil A.J, dkk. Pengaruh Mendengarkan Al-Qur’an Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Sehat Masada.ac.id. Di akses tanggal 1 Desember 2018.

Wulandari Dwi Etik, Trimulyaningsih Nita. Mendengarkan Murattal Al-Qur’an Untuk Menurunkan Tingkat Insomnia. Jurnal Internasional Psikologi.ac.id Diakses tanggal 23 Desember 2018.

Fauziah Rohmawati. 2018. Pengaruh Baby Massage Terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-12 Bulan.

Qur’an dan Tafsir

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

1.
Amalu C, Maftuchah M, Ulya FH. Pengaruh Terapi Murrotal Al-Qur’an terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan. wom [Internet]. 2020 Jun. 30 [cited 2024 May 5];:24-30. Available from: https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/wom/article/view/332

Issue

Section

Articles