Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dalam Lingkungan Sekolah

Authors

  • Rizqy Iftitah Alam Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/wocd.v4i2.1820

Keywords:

Pendidikan kesehatan, PHBS, SDN Paccinang 1 Makassar

Abstract

Anak usia dini merupakan tahap awal, dimana selama periode ini pertumbuhan dan perkembangan anak harus diperhatikan. Periode ini juga anak sangat rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan. Anak usia dini juga sangat peka terhadap berbagai rangsangan dari luar, sehingga sangat mudah untuk membimbing dan memberikan pemahaman tentang kebiasaan positif, termasuk kebiasaan hidup bersih dan sehat. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah akan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman, serta mampu untuk menciptakan pendidikan kesehatan dan bermanfaat besar dalam peningkatan kesejahteraan siswa. SDN Paccinang 1 Makassar merupakan salah satu institusi pendidikan dimana para siswanya belum memahami bagaimana cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Mereka juga masih suka jajan sembarangan sehingga banyak siswa yang mengalami masalah kesehatan, seperti diare. Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Memberikan pendidikan kesehatan berupa kegiatan penyuluhan tentang PHBS; 2) Memberikan demonstrasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Paccinang 1 Makassar. Metode yang digunakan yakni penyuluhan dan demonstrasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan siswa tentang PHBS serta para siswa mampu melakukan cara mencuci tangan yang benar. Perlunya diadakan penyuluhan kesehatan yang lebih sering lagi guna meningkatkan derajat kesehatan kearah yang lebih baik lagi

 

References

(1) Estu Vitriani, D. S. (2019). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Jalanan di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta. Jurnal Berkala Kesehatan, 45-52.

(2) Fathor Rozi, A. Z. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 59-68.

(3) Jauhari. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Buah Hati, 169-181.

(4) Marko Ferdian Salim, ,. M. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 19-24.

(5) Mic Finanto Ario Bangun, R. J. (2023). Psikoedukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak-Anak SPS Bunga Tanjung. Jurnal Psikologi Atribusi, 1-7.

(6) Shanti Ariandini, A. R. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pemberdayaan dan Pendidikan kesehatan, 94-104.

(7) Silvi Aulia, A. S. (2023). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini di SPS Teratai Kelurahan Soklat Kecamatan Subang Kabupaten Subang. Abdimas Galuh, 259-267.

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles