Penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) & Pemeriksaan Sadari pada Remaja di SMAN 6 Gowa

Authors

  • Azrida M Universitas Muslim Indonesia
  • Halida Thamrin Universitas Muslim Indonesia
  • Nia Karuniawati Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/wocd.v1i1.1734

Keywords:

Kesehatan Reproduksi Remaja, Pemeriksaan Sadari

Abstract

Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) merupakan sesuatu yang harus diketahui dan dipahami oleh keluarga dan masyarakat, khususnya remaja. Permasalahannya remaja selalu dihadapkan pada risiko yang berkaitan dengan reproduksinya. Risiko tersebut antara lain kehamilan dini dan kehamilan yang tidak diinginkan, serta aborsi. Remaja perlu mengetahui tentang KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) antara lain untuk remaja perempuan seperti alat reproduksi,menstruasi, anemia dan kesehatan reproduksi, sunat atau sirkumsisi pada perempuan dan keperawanan. Edukasi kesehatan yang perlu dikatahui remaja diantaranya mengenai kesehatan reproduksi, sadari (periksa payudara sendiri), anemia dan menstruasi. Dari hasil wawancara pada beberapa siswi di pesantren, siswi belum pernah menerima materi ataupun penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka ini sangat penting untuk diketahui oleh siswi/remaja, agar kelak tidak ada lagi permasalahan berkaitan dengan ketidaktahuan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.

References

Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan, Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT. Refika ADITAMA.

BKKBN. 2003a. Pubertas dan Kematangan Seksual Pada Remaja, Pamflet “Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja” edisi 2, Agustus 2003.

_______. 2003b. Kesehatan Reproduksi Remaja Penting dan Perlu, Pamflet “Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja” edisi 1, JuIi 2003.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tafal, Z., dkk. 2003. Kebutuhan akan Informasi dan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja, Laporan Need Assesment di Kupang, Singkawang, Cirebon dan Tasikmalay.

Kusmiran, Eny. 2011. Kesehatan Reproduksi Remaja. Cetakan Kedua. Salemba Medika: Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta: Jakarta

Yottabaca, 2011, Enam Penyebab Siklus Haid Tak Teratur, http://www.viva.co.id/kemenpar/read/206048-enam-penyebab-siklus-haid-tak-teratur,

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles