Gambaran Pelayanan BPJS Kesehatan Pada Pasien Poli Umum Di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i4.954Keywords:
BPJS Kesehatan, Pelayanan kesehatan, PuskesmasAbstract
Jaminan Kesehatan merupakan jaminan perlindungan kesehatan yang diberikan kepada peserta BPJS. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang disingkat menjadi BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. Komitmen Pelayanan adalah komitmen Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam peningkatan mutu pelayanan dilihat dari pencapaian indicator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pelayanan BPJS Kesehatan pada Pasien Poli Umum di Puskesmas Depok II pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian adalah sebanyak 58 responden (72.5%) menunjukkan setuju dengan proses pelayanan BPJS yang diberikan dalam aspek proses pendaftaran, menerima pelayanan pengobatan dan mengantri obat atau saat pelayanan selesai. Dalam artian proses pelayanan BPJS yang diberikan sudah baik dan memenuhi standar, meskipun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan guna memaksimalkan kualitas pelayanan di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.