Hubungan Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Dengan Stres Kerja Di PT. Maruki Internasional Kota Makassar

Authors

  • Erdin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Surahman Batara Universitas Muslim Indonesia
  • Suharni A. Fachrin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.925

Keywords:

Sistem manajemen K3, Stress kerja, Pekerja

Abstract

Setiap pekerja didunia pada umumnya sangat menginginkan kenyamanan serta tanpa adanya gangguan-gangguan dan tekanan yang berlebihan didalam pekerjaannya. Namun tuntutan perusahaan didalam persaingan dunia industri mengakibatkan Pemberian beban kerja yang lebih, serta resiko bahaya dalam bekerja yang tinggi untuk para pekera. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dari total 20 responden, sebanyak 15 pekerja merasa takut apabila tangannya terkena mesin, 14 pekerja merasa takut kehilanggan konsentrasi saat bekerja dan 17 pekerja merasa cemas akan keselamatan mereka di tempat kerja dan hasil kerja yang diberikan. Oleh sebab itu keselamatan kerja berperan penting terhadap gejala stres kerja yang terjadi kepada karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) terhadap Stress Kerja pada PT. Maruki Internasional. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif metode Cross-Sectional Study dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling sampel penelitian sebanyak 60 karyawan. Data diambil dengan menggunakan kuesioner selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji Chi-square pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh tidak ada hubungan antara Sistem Manajemen K3 (SMK3) dengan stress kerja nilai (p=0,576) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk lebih dapat menganalisa secara mendalam mengenai hubungan penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dengan stress kerja

References

Adrian P. Marthinus Fabian J. Manoppo, Shirly S. Lumeno. “Model Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol Manado-Bitung.” Jurnal sipil static 2019.

Ulfah Haniyah, dkk. “Hubungan Penerapan Smk3 Terhadap Stres Nakes Selama Pandemi Covid-19 Di Rsud Kayu agung.” Scientific Journal of Occupational Safety & Health 2021.

Astianto Anggit, dkk. “Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Pegawai PDAM Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 2014.

Delfani Gemely. “Implemnetasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Pt.Pelindo Iv (Persero) Terminal Petikemas Makassar.” Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddi Makassa JKMM 2018.

Iska Ceman. “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt.Telkom Akses Makassar Regional.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar 2018.

Dea Gitta Angwen. “Hubungan Antara Lingkungan Fisik dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Pt. Panggung Electric Citra Buana.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2017.

Lewis, Ed. “A Guide to Personal Protective Equipment. Department of Labor.” N.C. Department of Labor Education, Training and Technical Assistance Bureau 2015.

Sagung Seto Setiawan, M Riza. “Analisis faktor risiko stress akibat kerja pada pekerja sektor formal dan sektor informal di kota Semarang.” Medica arteriana. Vol 1. No1. 29-36 2019.

Nopia Wati, dkk. “Analisis Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Rumah Sakit Umum Daerah Mukomuko.” Jurnal ilmiah 2018.

Marisca Imaculata Firani Mentang. “Evaluasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada Peningkatan Fasilitas PT. Trakindo Utama Balikpapan.” Teknik Sipil Evaluasi Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Universitas Sam Ratulangi 2013.

Novianto, Chairizal, Tedy dkk. “Pengaruh Stres dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak Erla Bunda Pekanbaru.” Faculty of Economic Riau University Pekanbaru, Indonesia 2104.

Kresan Surya Wijaya, dkk. “Peranan Reaksi Stres Kerja Terhadap Kualitas Hidup Pada Pekerja Level Operator.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 2019.

Elisda, Y. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Dinas Kesehatan Sintang.” Universitas Mercu Buana Yogyakarta 2018.

Theresa, aldolfina, genita. “Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Maintenance Project Pt. Meares Soputan Mining.” 2017.

Sri Rachmayani Ritonga dan Syafrizaldi. “Faktor-Faktor Stres Kerja Pada Karyawan Pt.Link Cabang Stabat.” Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Indonesia 2019.

Published

2023-08-30

How to Cite

Erdin, Andi Surahman Batara, & Suharni A. Fachrin. (2023). Hubungan Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Dengan Stres Kerja Di PT. Maruki Internasional Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(4), 638–646. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.925

Issue

Section

Articles