Hubungan Iklim Organisasi Dengan Kepuasan Pegawai Di Puskesmas Antang Dan Puskesmas Batua Kota Makassar

Authors

  • Jumartianingsih Universitas Muslim Indonesia
  • Nurgahayu Universitas Muslim Indonesia
  • Ella Andayanie Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.882

Keywords:

Penghargaan, Konflik, Kepemimpinan, Kepuasan pegawai

Abstract

Setiap orang yang bekerja mengharapkan dapat memperoleh kepuasan dari tempatnya bekerja. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan iklim organisasi dengan kepuasan pegawai di Puskesmas Antang dan Batua.Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan cross sectional study. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari para pegawai di Puskesmas Antang dan Batua yang kemudian dijadikan responden menggunakan sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 48 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis univariate dan bivariate. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya hubungan antara penghargaan dengan kepuasan pegawai dengan nilai sig 0.001. adanya hubungan antara konflik dengan kepuasan pegawai dengan nilai sig 0.006. tidak adanya hubungan antara kepemimpinan terhadap kepuasan pegawai dengan p = 0.792. Adapun saran dalam penelitian ini untuk Puskesmas Antang dan Batua yaitu Pegawai hendaknya mempertahankan suasana kerja dan lingkungan kerja agar tetap kondusif demi kenyamanan dalam bekerja dan Gaya kepemimpinan yang diterapkan di Puskesmas Antang dan Batua yaitu gaya kepemimpinan liberal hendaknya dipertahankan, karena gaya kepemimpinan liberal memberi kesempatan pada pegawai untuk ikut dalam proses pengambilan keputusan perusahaan.

References

Wahyuni ES, Rosmida R. pengaruh budaya organisasi, locus of control, stres kerja terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (studi empiris pada pemerintah kabupaten bengkalis). Inovbiz J Inov Bisnis. 2016;5(1):12.

Utami DRRB. hubungan iklim organisasi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap rs pku muhammadiyah karangayar. 2017.

Hutagalung I, Ritonga R. Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. J Kaji Komun. 2018;6(2):204.

Sari DK, Khasanah N. Pengaruh Pengembangan Karir dan Iklim Organisasi terhadap Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai variabel Intervening (Studi Pada Pegawai Kontrak RSU Wijayakusuma Kebumen). J Ilm Mhs Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2021;3(3):537–57.

Sinambela LP. Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. 2012;

Pratama P, Pasaribu SE. Peran Mediasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Iklim Organisasi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. J Ilm Magister Manaj. 2020;3(2):259–72.

Erlina F. hubungan kepemimpinan dengan kepuasan kerja pegawai pada puskesmas huristak padang lawas. 2017;

Sitorus T, Mandagi M, Mantiri J. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja PNS di Kantor Bupati Minahasa. J Adm J Kaji Kebijak dan ilmu Adm Negara. 2021;3(1):53–63.

Anugrah ID. hubungan motivasi dengan kinerja petugas kesehatan di Puskesmas Batua kecamatan Manggala kota Makassar. Adm Dan Kebijak Kesehat. 2017;013.

Yuanita T. Pengaruh Imbalan, Pengawasan, Kondisi Kerja, Pengembangan Karier, Penghargaan Dan Kelompok Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tgk.Chik Ditiro Sigli. J Sains Ris. 2019;8(1):18–24.

Riyadi ocar dian. hubungan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja. J Ilm econosains. 2014;12(2):52–60.

Gareni K. pengaruh konflik pekerjaan keluarga dan stress kerja terhadap kepuasan kerja tenaga medis di puskesmas Busungbu 1. 2021;

Fauzi. Hubungan Antara Konflik Kerja Dan Kepuasan Kerja Pada Karyawan Puskesmas Ngesrep Kota Semarang. 2021;

Wirajaya MKM. hubungan kepemimpinan, motivasi dan kompensasi dengan kepuasan kerja pegawai puskesmas di kota denpasar. 2016;1–23.

Ali K, Agustian DW. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerjakaryawan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. J Ilm FE-UMM. 2018;12(2):1978–6573.

Published

2023-08-30

How to Cite

Jumartianingsih, Nurgahayu, & Ella Andayanie. (2023). Hubungan Iklim Organisasi Dengan Kepuasan Pegawai Di Puskesmas Antang Dan Puskesmas Batua Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(4), 647–656. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.882

Issue

Section

Articles