Gambaran Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

Authors

  • Hardiyanti Nur Arifin Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.877

Keywords:

bukti fisik, daya tang, kehandalan, empati

Abstract

Kualitas merupakan sebuah produk atau layanan yang memadai, mudah dijangkau, efisien, efektif, dan aman sehingga harus terus menerus dievaluasi dan ditingkatkan. Tujuan khusus untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan mahasiswa pada pelayanan administrasi akademik di FKM UMI dilihat dari tangibles (bukti fisik), responsivness (daya tanggap dalam membantu mahasiswa), realibility (keandalan pelayanan), emphaty (keinginan memberikan kepuasan pribadi kepada mahasiswa), dan assurance (keyakinan dan kemampuan pegawai akademik membangun rasa percaya mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan analisis yang mendalam, dan berfokus pada makna menurut perspektif Partisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa FKM UMI tentang kualitas pelayanan administrasi akademik FKM UMI masih kurang memuaskan dengan dilihat dari berbagai aspek, seperti Pegawai akademik FKM UMI bisa dihubungi via online untuk mendapatkan pelayanan, akan tetapi pegawai akademik FKM UMI terkesan masih lambat dalam merespon pesan dari mahasiswa ada yang berhari-hari, ada yang lebih dari seminggu, bahkan ada yang sejak berbulan-bulan yang lalu tidak mendapat respon, bahkan hanya sekedar dibaca saja oleh pegawai akademik, dalam penerapan pelayanan akademik, Pegawai Akademik terkesan kurang ramah kepada mahasiswa karena pada saat mahasiswa datang ke ruangan akademik, para pegawai akademik sebagian besar tidak menyambut mahasiawa dengan senyuman, untuk pengurusan pembuatan persuratan dan lain-lain, sudah dipenuhi oleh pihak akademik FKM UMI sesuai keinginan mahasiswa sebagaimana mestinya

References

Rusmawati S. kualitas pelayanan administrasi akademik pada program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran ULM Banjarbaru. 2018;03(Xvi).

Majid A, Nurdiana R, Mas’adah N, Faizah EN, Astuti SY. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan. Jesya (Jurnal Ekon Ekon Syariah). 2020;3(2):413–25.

Alfiani A. KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI SUBBAG PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. 2016;152(3):28.

Hamza NS. pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa. 2021;1–23.

Widyakto A. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Sub Bagian Akademik Terhadap Loyalitas Mahasiswa Di Feb Undip Semarang. 2021;14(2):144–52.

Handayani CMS, Fauziyah F, Ariprabowo T. Pengaruh Kualitas Layanan Tenaga Kependidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pgri Adibuana Surabaya. Maj Ekon. 2019;24(2):252–60.

Widawati E, Siswohadi. Analisis Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Dan Pelayanan Administrasi. J Mitra Manaj. 2020;4(10):1500–13.

Anita. kualitas pelayanan administrasi akademik dalam menignkatkan kepuasan mahasiswa. 2021;

Setiawardani M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. J Ris Bisnis dan Investasi. 2018;4(1):40.

Ramadhani N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Peserta Dididk di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Inst Agama Islam Negeri Palopo. 2021;1–18.

Chairiyaton, Zhafira NH, Ertika Y. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik Di Masa Pandemi Covid-19. J Bisnis dan Kaji Strateg Manaj. 2020;4(2):267–76.

Maspira. Pengaruh Kompotensi Kepala Tata Usaha (KTU) Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. 2020;1–9.

Sumarni Y. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Bengkulu. J BAABU AL-ILMI Ekon dan Perbank Syariah. 2019;3(1):71–91.

Fauzyah NA. Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik Dan Administrasi Dengan Kepuasan Mahasiswa Jurusan Manajemen Di Universitas Ma’rif Hasyim Latif Sepanjang Taman Sidoarjo. 2019;

Marlius D, Ananda F. Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Minat Kuliah Di Akbp Padang. J Pundi. 2019;3(3):191.

Published

2023-06-30

How to Cite

Arifin, H. N., Reza Aril Ahri, & Nurmiati Muchlis. (2023). Gambaran Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Window of Public Health Journal, 4(3), 347–356. https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.877

Issue

Section

Articles