Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Daya Makassar

Authors

  • Nurfadillah Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Nurgahayu Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.833

Keywords:

Kepuasan kerja, Kinerja, Perawat, Rumah sakit

Abstract

Kompetisi yang semakin ketat utamanya dibidang pelayanan antara perusahaan satu dan yang lain dalam bisnis rumah sakit, salah satunya disebabkan banyak bermunculan rumah sakit umum, swasta, non Islam, dan rumah sakit Islam dalam pasar. Seluruhnya bersaing untuk mempertahankan eksistensi di dalam ruang lingkup yang dilakukan oleh organiasai tersebut. Rumah sakit merupakan organisasi penyedia jasa kesehatan. Bagi organisasi penyedia jasa, kualitas pelayanan adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hal ini disebabkan karena konsumen pengguna jasa berharap mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat di instalasi rawat inap RSUD Daya Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel 120 perawat yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel dengan teknik survei menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di RSUD Daya Kota Makassar. Uji yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa dimensi yang terdapat pada variabel kepuasan kerja, hanya terdapat 1 dimensi yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja perawat. Sementara 4 dimensi lainnya tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja perawat di instalasi rawat inap RSUD Daya Kota Makassar

References

Safitri, D., Anastasya, R., Layli, R., & Gurning, F. P. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Florona: Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2022; 1(2):94-103

Pranata, L., Rini, M. T., & Surani, V. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Myria Kota Palembang. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. 2018; 6(2); 44-51.

Rizany, I., Rusydianur, R., Risnadi, D., Adawiyah, R., Fikri, M. K., & Azhar, A. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Selama Pandemi Covid-19 Di Beberapa Rumah Sakit Di Kalimatan Selatan. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan. 2022; 10(1).

Rahmaniah L, Rizany I, Setiawan H. Hubungan Penjadwalan Dinas Perawat Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap. J Kepemimp Dan Manaj Keperawatan. 2020; 3(1):29.

Tisa V, Kawatu Pat, Sondakh Rc, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S, Et Al. Hubungan Antara Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Bitung. Kesmas. 2018;7(3).

Rizany I, Hariyati Rts, Afifah E, Rusdiyansyah. The Impact Of Nurse Scheduling Management On Nurses’ Job Satisfaction In Army Hospital: A Crosssectional Research. Sage Open. 2019;9(2).

Julindrastuti D, Karyadi I. Pengaruh Status Kepegawaian Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi. Equilib J Ekon. 2021;17(1):21–6.

Andriani, M. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Instalasi Rawat Inap A & C Rumah Sakit Stroke Nasional Kota Bukittinggi. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako). 2020; 6(1):21-27.

Ismail, F., & Supriyadi, S. Hubungan Stres Kerja Dengan Kelelahan Kronis Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Wonosari. Jurnal Keperawatan Akper Yky Yogyakarta. 2020; 12(1):9-18.

Fitriani, N., & Syahrir, D. M. R. Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar; 2017.

Zulkarnaen, W., & Suwarna, A. Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Di Bagian Mekanik Pt. Erlangga Aditya Indramayu. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). 2017; 1(1):33-52.

Afifah, N. Pengaruh Pengawasan Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret. 2017; (1):117733.

Budhiana, J., Affandi, T. N. R., & La Ede, A. R. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Umum Daerah Al–Mulk Kota Sukabumi. Journal Of Nursing Practice And Education. 2022; 2(02):69-79.

Damanik, D. Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Rs Tentara Tk Iv 010701 Pematangsiantar. Jurnal Keperawatan Priority. 2019; 2(1):64-73.

Mariani, A. E. A., & Gorda, O. S. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dan Kinerja Tenaga Kesehatan. Jurnal Ekonomi. 2019; 24(2):193-212.

Dimas Ivan Saputra, I. Hubungan Pelaksanaan Supervisi Keperawatan Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Uns (Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta); 2022.

Suroso J. Hubungan Persepsi Tentang Jenjang Karir Dengan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat RSUD Banyumas. Universitas Indonesia; 2018.

Umami, D. A. Hubungan Media Pembelajaran Dan Minat Terhadap Motivasi Mahasiswi Tingkat Iiikebidanan Widya Karsa Jayakarta. Journal Of Midwifery. 2019; 7(1):6-16.

Published

2023-06-30

How to Cite

Nurfadillah, Haeruddin, & Nurgahayu. (2023). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Daya Makassar . Window of Public Health Journal, 4(3), 511–524. https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.833

Issue

Section

Articles