Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Daring Mahasiswa Di Kabupaten Bone

Authors

  • Rahmiati Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Ulmy Mahmud Universitas Muslim Indonesia
  • Ulfa Sulaeman Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.83

Keywords:

Kesehatan mental, Gangguan kecemasan, Belajar daring

Abstract

Kesehatan merupakan kondisi kesejahteraan fisik, mental, sosial dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kecacatan masih banyak mahasiswa yang tidak menyadari dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari faktor-faktor tersebut sehingga lupa akan kesehatan mental mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesehatan mental berdasarkan rasa cemas terhadap hasil belajar daring mahasiswa Institut Sains Kesehatan Bone dan mahasiswa Akademi Kebidanan Batari Toja Watampone tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan  cross cectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Institut Sains Kesehatan Bone dan Mahasiswa Akademi Kebidanan Batari Toja semester tiga dan semester lima yaitu sebanyak 122 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak  122 Responden. Metode analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan regresi linear berganda, pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa selama pembelajaran daring proses pembelajaran mahasiswa terganggu diakibatkan keterbatasan akses internet dan lebih memilih kuliah offline dibanding kuliah online. Skor tertinggi kecemasan mahasiswa lebih banyak menjawab kadang- kadang terdapat pada indikator Saya merasa lebih gugup dan cemas dari biasanya. Cemas memiliki pengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar daring hal ini ditunjukkan dari besarnya (β) 0,240 dan nilai signifikasinya 0,000 dimana signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Diharapkan mahasiswa mempersiapkan fisik dan mental menyesuaikan  persiapan berupa aspek perangkat dan aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring serta mencari lingkungan belajar yang dapat mendukung saat belajar.

References

Kartika Sari Dewi. Buku Ajar Kesehatan Mental [Internet]. UPT UNDIP Press Semarang. 2012. 143 P. Available From: Http://Eprints.Undip.Ac.Id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.Pdf

William S, Surabaya B, Cimanuk J, Surabaya N. Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya Erika. 2019;04(20).

Komang N, Yanti W. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesehatan Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran. 2020;

Wahidah L, Naufal FHA, Deky NC, Permatasari A. Pengaruh Jumlah Tugas Kuliah Tehadap Kesehatan Mental Mahasiswa Universitas Jember. 2021;(192410103075).

Kusnayat A, Sumarni N, Mansyur AS, Zaqiah QY, Bandung UT. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya. 2020;1(2):153–65.

Fitria P Ayu, Saputra Desma Yuliadi. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Semester Awal. J Ris Kesehat Nas. 2020;4 NO.(2580–6173):60–6.

Jannah M. “Pengaruh Pembelajaran Via Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar.” 2021;

Djannah M. Pengaruh Kesehatan Mental Di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 2020;2403–14.

Gustantia Annisa N, Efendi R, Chairani L, Matematika J, Sains F, Teknologi D, Et Al. Hubungan Sistem Pembelajaran Daring Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Di Era COVID-19 Menggunakan Chi-Square Test Dan Dependency Degree. Semin Nas Teknol Informasi Komun Dan Ind. 2020;(SNTIKI):2579–5406.

Hermawan Y, Suherti H, Gumilar R. Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. J Edukasi (Ekonomi, Pendidik Dan Akuntansi). 2020;8(1):51.

Sarahutu MG. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Di Tengah Covid-19. Lap Tugas Akhir Skripsi [Internet]. 2020;1 Of 140. Available From: Https://Repository.Usd.Ac.Id/37602/

Sari S Amelia. Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswi Keperawatan Dan Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi) Di Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun Tahun. 2017;549:40–2.

Jarnawi J. Mengelola Cemas Di Tengah Pandemik Corona. At-Taujih Bimbing Dan Konseling Islam. 2020;3(1):60.

Ayuningtyas D, Misnaniarti M, Rayhani M. Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. J Ilmu Kesehat Masy. 2018;9(1):1–10.

Hasanah U, Fitri NL, Supardi S, PH L. Depresi Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Uswatun. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(4):421.

Published

2023-08-30

How to Cite

Rahmiati, Nur Ulmy Mahmud, & Ulfa Sulaeman. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Daring Mahasiswa Di Kabupaten Bone. Window of Public Health Journal, 4(4), 621–629. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.83

Issue

Section

Articles