Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Penggunaan BPJS Di Puskesmas Lauleng Bukit Harapan

Authors

  • Riqqah Tsamara Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Hikmah B Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.771

Keywords:

minat, penggunaan, BPJS Mandiri

Abstract

Pemanfaatan salah satu upaya pemerintah untuk menjamin hak asasi manusia dalam hal kesehatan, yakni dengan mengeluarkan kebijakan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2013 tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan  Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bagi seluruh masyarakat. BPJS bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Salah satu wilayah kerja Puskesmas Kota Parepare yaitu Wilayah Kerja Puskesmas Lauleng Bukit Harapan yang peserta BPJS kesehatannya masih rendah terutama peserta Non PBI yang hanya sekitar 9% persen dari jumlah penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan minat masyarakat dalam penggunaan BPJS Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Lauleng Kota Parepare. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Lauleng Bukit Harapan yaitu di kelurahan Bukit Harapan Kota Parepare yaitu sebanyak 219 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis univariat dan brivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang berhubungan antara minat masyarakat dalam penggunaan BPJS Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Lauleng Bukit Harapan Kota Parepare adalah pengetahuan (p value = 0,000), sikap (p value = 0,003), pendapatan (p value = 0,037), dan dukungan keluarga (p value = 0,001). Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu melakukan penelitian dengan variabel lainnya serta menggunakan metode yang berbeda untuk menggali lebih dalam sehingga dapat diketahui faktor-faktor lain yang juga berhubungan dengan penggunaan masyarakat dalam BPJS Kesehatan Mandiri.

References

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Indonesia; 2009

Hapsari WD, Kiki N, Riniasih W. Analisis Minat Masyarakat Dalam Keikutsertaan BPJS Kesehatan Di Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Semin Nas UNRIYO. 2019;284–95.

Nelisma, Nur Afni R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Kepesertaan BPJS Kesehatan Di Kelurahan Talise Valangguni. 2019;2:471–9.

Harlinisari R. Analisis Penyebab Rendahnya Kepeaertaan Mandiri Pada Program Jaminan Kesehatan Nasional. J Hum Care. 2021;6(1):120–9.

Ramlan NQ. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri Pada Sektor Informal Pekerja Mebel Di Kelurahan Antang Kota Makassar Tahun 2018. Nur Qalbi Ramlan. 2018;

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial [Internet]. Indonesia; 2011. 2–3 p.

Lestari NP. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Masyarakat Dalam BPJS Mandiri Di Wilayah Kerja Puskesmas Bonang 2 Kabupaten Demak. 2020;

Lestari NP. Keikutsertaan Masyarakat Dalam Jaminan Kesehatan Nasional Kesehatan Mandiri. Higeia J Public Heal Res Dev. 2021;5(3):227–38.

Ismanati, Riza Y, Octabviana ESL. Hubungan Pengetahuan, Pendidikan Dan Sosial Ekonomi Dengan Pemanfaatan JKN-KIS Di Wilayah Kerja Puskesmas Kelayan Dalam Kota Banjarmasin. ePrints UNISKA [Internet]. 2020;1–9. A.

Hidayat A, Fadmi FR, Juslan. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Puskesmas Mokoau Kota Kendari. 2019;2(1).

Berutu S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Masyarakat Sebagai Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Desa Kaban Tengah Kecamatan Sitelu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2019. 2019;

Maulana A. Analisis Pendapatan dan Beban Operasional dalam Meningkatkan Laba Operasional pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (PT KPB Nusantara). J Akunt. 2018;1(2):25–7.

Nugraha S. Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Pendapatan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2018;10–27.

Wildayati, Noorhidayah, Riza Y. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Masyarakat Menjadi Peserta JKN-KIS Di Wilayah Kerja Puskesmas Pulau Kupang Kabupaten Kapuas.

Pangestika VF, Jati SP, Sriatmi A. Faktor – Faktor yang Berhubungan Dengan Kepesertaan Sektor Informal Dalam BPJS Kesehatan Mandiri Di Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. 2017;5:39–49.

Published

2023-06-30

How to Cite

Tsamara, R., Nurmiati Muchlis, & Nurul Hikmah B. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Penggunaan BPJS Di Puskesmas Lauleng Bukit Harapan. Window of Public Health Journal, 4(3), 401–410. https://doi.org/10.33096/woph.v4i3.771

Issue

Section

Articles