Pengaruh Pemberian Edukasi Media Poster Terhadap Pengetahuan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Siswa Di SMA Al-Hikmah

Authors

  • Andi Alya Nabila Maharani Putri Universitas Muslim Indonesia
  • Fairus Prihatin Idris Universitas Muslim Indonesia
  • Abd. Gafur Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.770

Keywords:

COVID-19, Poster, Coronavirus Disease

Abstract

Coronavirus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan COVID-19 merupakan salah satu virus varian baru yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Dalam menyelamatkan masyarakat dari Pandemi COVID-19 sekaligus dampak sosial ekonominya, pemerintah Indonesia mulai menerapkan New Normal. Beberapa kebijakan yang dibuat pada aturan New Normal ini salah satunya adalah pembelajaran tatap muka (PTM). Pada Oktober 2020, Indonesia adalah salah satu diantara empat negara di Kawasan Asia Timur dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Hal ini berpotensi menimbulkan dampak sosial negatif yang berkepanjangan seperti hilangnya minat belajar, kesenjangan capaian belajar hingga putus sekolah. Dalam mengatasi hal tersebut, pemerintah menetapkan aturan yang tertuang dalam SKB 4 Menteri pada 22 Desember 2021 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Pada aturan tersebut, agar dapat terlaksananya pembelajaran tatap muka, sekolah perlu memastikan terpenuhinya beberapa persyaratan salah satu diantaranya adalah tersedianya poster dan/atau media komunikasi, informasi dan edukasi lainnya pada area strategis di lingkungan satuan pendidikan yang mencakup informasi pencegahan COVID-19 dan gejalanya, protokol kesehatan selama berada di lingkungan satuan pendidikan, informasi area wajib masker, pembatasan jarak fisik, serta penerapan etika batuk atau bersin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pemberian edukasi melalui media poster terhadap perilaku pencegahan penyebaran COVID-19 siswa di Era New Normal di SMA Al-Hikmah Surabaya. Metode penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 77 dengan teknik Purposive Sampling. Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data analisis mengunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji McNemar.  

References

Supriatna E. Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 2020;7(6).

Zukmadini AY, Karyadi B, Kasrina K. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2020;3(1).

Alfikrie F, Akbar A, Anggreini YD. Pengetahuan dan Sikap dalam Pencegahan COVID-19. Borneo Nursing Journal. 2021;3(1):1–6.

Zulfa F, Kusuma H. Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis. 2020;Vol. 2 No.(1):17–24.

Rahmatina LA, Erawati M. Evaluasi Program Edukasi dengan Video dan Poster Terhadap Perilaku Masyarakat dalam Menghadapi COVID-19 (Preliminary Study). Holistic Nursing and Health Science. 2020;3(1):9–16.

Linawati H, Helmina SN, Intan VA, Oktavia WS, Rahmah HF, Nisa H. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan COVID-19 Mahasiswa. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2021;31(2):125–32.

Putri K dyah sertiya. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. 2017;6:312–22.

Moudy J, Syakurah RA. Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development. 2020;4(3):333–46.

Hawari Maharudin H, Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung P. Pengaruh Edukasi Media Poster Terhadap Pengetahuan Masyarakat Usia 19–30 Tahun Tentang Covid-19. JurnalPolkesbanAcId. 2021;2(1):251.

Gede Ngurah IGK, Viola Utami Dewi IGAN, Gama IK. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 pada Sekaa Teruna Teruni. Jurnal Gema Keperawatan. 2021;14(2):83–95.

Yusandika AD, Istihana I, Susilawati E. Pengembangan Media Poster sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 2018;1(3):187–96.

Subianto IB, Anto P, Akbar T. Perancangan Poster sebagai Media Edukasi Peserta Didik. Jurnal Desain. 2018;5(03):215.

Yustisa PF, Aryana IK, Suyasa ING. Efektivitas Penggunaan Media Cetak dan Media Elektronik dalam Promosi Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Siswa SD. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2014;4(1):29–39.

Aprilya Winingsih P, Sulandjari S, Indrawati V, Dewi Soeyono R. Efektivitas Poster sebagai Media Sosialisasi Program Keluarga. Jurnal Tata Boga. 2020;9(2):887–94.

Emma S, Amallia Putri Siswanto H. Poster Sebagai Media Edukasi Penggunaan Masker Pada Ibu-Ibu Pkk Di Dusundusun Jagalan, Klaten. Jurnal Kesehatan dan Pengelolaan Lingkungan. 2021;2(2):130–5.

Published

2024-06-30

How to Cite

Andi Alya Nabila Maharani Putri, Fairus Prihatin Idris, & Abd. Gafur. (2024). Pengaruh Pemberian Edukasi Media Poster Terhadap Pengetahuan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Siswa Di SMA Al-Hikmah . Window of Public Health Journal, 5(3), 470–479. https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.770

Issue

Section

Articles