Hubungan Knowledge Management dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Timampu Luwu Timur

Authors

  • Aqilah Nurulwaqhia Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Rizki Amelia Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.755

Keywords:

Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi

Abstract

Knowledge management merupakan suatu disiplin ilmu yang memperlakukan modal intelektual sebagai aset yang akan dikelola. Dalam sistem Knowledge Manajement memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada orang yang tepat pada saat yang tepat, dan menyediakan alat-alat atau media untuk menganalisis informasi tersebut, dan memberikan daya tanggap terhadap hasil yang mereka peroleh dari informasi tersebut. Knowledge Management dapat mengubah pengalaman dan informasi menjadi sebuah hasil. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Knowledge Management dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Timampu Luwu Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Menggunakan teknik total sampling yang diambil sebanyak 59 orang. Analisis menggunakan uji bivariat dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Knowledge Management denga Kinerja Tenaga Kesehatan pada variabel Sosialisasi (p-value 0,003), Eksternalisasi (p-value 0,004), Kombinasi (p-value 0,002) dan variabel Internalisasi (p-value 0,000). Diharapkan tenaga kesehatan meningkatkan penciptaan Knowledge Management dengan pertemuan tatap muka agar terjadi interaksi yang baik dengan cara berbagi pengalaman dalam menciptakan konsep baru membuat laporan dan tulisan sehingga kemudian dapat dipelajari agar meningkatnya kinerja.

References

Miranda. Pengaruh Motivasi Kinerja Tenaga Kesehatan Masyarakat Tenggalembang Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. (Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019).

Syah, R. Pengukuran Kinerja Berbasis Knowledge Management Pada Organisasi Baitul Mal Kota Banda Aceh. (UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2018).

Armando. Rancang Bangun Knowledge Management System Untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Penunjang Medis Berbasis Web Di Rumah Sakit Medika BSD dengan Metode RAD.Jakarta. Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi. (Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021).

Pratama, D. A. Analisis Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Diterbitkan di Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019).

Profil UPTD Puskesmas Timampu Kabupaten Luwu Timur. 2020.

Utari Armila. Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Pustakawan di Universitas Riau. Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi. (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2020).

Novita Sari. Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan di PT.Bank Muamalat Indonesia, Tbk.KCP Panyabungan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, 2021).

Wijayanti, T. Pengaruh Pelatihan Knowldege Management untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Semen Indonesia (Persero) TBK. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia. 2019; 3(1) 57-65.

Putra, I. M., dkk. Usulan Program Manajemen Sharing pada Work Coffe Menggubakan Metode SECI. 2020; 7(1), 2021-2030.

Haidir Mustofa. Pemanfaatan Konsep dan Pendekatan Manajemen Pengetahuan pada Bisnis Konfeksi (Studi Kasus: Qudoo). Universitas Pasundan Bandung, 2019.

Rinawati,Z & Choirun,N. Analisi Pengaruh Penciptaan Pengetahuan terhadap Kinerja Organisasi di Kalangan Usaha Kecil Menengah. 2020; 292-301.

Rofianty. Pengaruh Knowledge Management Terhadap Inovasi, Implementasi Startegi, dan Kinerja Organisasi . Jurmal Ekonomi Bisnis. 2015; No.1 (9) .

Christina,A.S. Pengaruh Manajemen Pengetahuan Tacit Terhadap Kinerja Organisasi (Studi pada Hotel Berbintang di Indonesia). Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2021.

Teguh,H & Hadiyanti, S. Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Indomarco Adi Prima Cabang Samarinda. 2021; 2(2), 1363-1371.

Budiman . Pengaruh Implementasi Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhamadiyah Makassar, 2019.

Nisa dan Astuti. Pengaruh Manajemen Talenta dan Manejemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal administrasi bisnis. 2016; Vol.39. No. 02.

Published

2023-04-30

How to Cite

Aqilah Nurulwaqhia, Haeruddin, & Andi Rizki Amelia. (2023). Hubungan Knowledge Management dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Timampu Luwu Timur. Window of Public Health Journal, 4(2), 286–296. https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.755

Issue

Section

Articles