Perbedaan Metode Ceramah Dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SD Inpres Binanga 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022

Authors

  • Mutmawardina Universitas Muslim Indonesia
  • Harpiana Rahman Universitas Muslim Indonesia
  • Farihah Muhsanah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Hikmah B Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.744

Keywords:

Pengetahuan, Metode ceramah, Metode audio visual

Abstract

Sekitar 100.000 anak Indonesia meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit diare, hal ini menunjukkan bahwa anak-anak belum melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan baik khususnya cuci tangan pakai sabun. Cuci tangan pakai sabun adalah suatu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan serta jari jemari menggunakan air bersih dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai penularan kuman. Pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui pendidikan kesehatan dengan metode dan media promosi kesehatan seperti metode ceramah dan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perbedaan metode ceramah dan media audiovisual terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun di SD Inpres Binanga 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan Quasi Experiment dengan pre post test two group design dengan jumlah sampel 50 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode komputerisasi dengan bentuan Software SPSS untuk menghasilkan informasi yang jelas dan benar sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis data menggunakan Univariat, Bivariat dengan uji Mc.Nemar pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) dan Multivariat dengan uji Mc.Nemar. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan efektivitas promosi kesehatan menggunakan metode ceramah dan media audiovisual pada pengetahuan diperoleh metode ceramah nilai p=0,001 dan media audiovisual video nilai p=0,000, artinya media audiovisual video lebih efektif dibandingkan metode ceramah. Diharapkan kepada guru dan petugas kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/siswi menggunakan metode promosi kesehatan yang lebih efektif seperti media video.

References

Purnama TB, Eliandy SRH, Lestari C. Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Santri di Pondok Pesantren Kota Medan. J Promosi Kesehat Indones. 2020;15(2):70-74. doi:10.14710/jpki.15.2.70-74

Criony J. Efektifitas Media Promosi Kesehatan Audio Visual Lagu Cuci Tangan Terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Anak. J Public Heal Educ. 2022;1(02):57-63. doi:10.53801/jphe.v1i02.39

Kementrian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas.; 2014.

Kusbiantoro D, Alamsah J. Video Cuci Tangan Pakai Sabun Meningkatkan Kemampuan Mencuci Tangan Anak Pra Sekolah. J Media Komun Ilmu Kesehat. 2021;13(03):267-274.

RI K. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018;1(1):1. https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html

Riskesdas. Laporan Riskesdas Sulawesi Barat 2018.; 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Profil Sanitasi Sekolah.; 2017. http://www.ampl.or.id/pdf/unicef/Profil_Sani tasi_Sekolah_Tahun_2017.pdf.

Notoatmodjo. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. (Hardhana B, Sibuea F, Widiantini W, eds.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2021. doi:10.1524/itit.2006.48.1.6

Adriani, Oktavia S, Febrina W. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Dalam Upaya Pencegahan Covid-19. Real Nurs J. 2021;4(2):77-88.

Listiadesti AU, Salman MN, Mafita Y. Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: a Literature Review. J Menara Med. 2020;3(1):66-73. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2199&ved=2ahUKEwja66i_paDtAhU263MBHdUiAsUQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0bUdEhasRIBe0InxidlHJo

Fadilah M, Syakurah RA, Fikri MZ. Perbandingan Promosi Kesehatan melalui Media Audiovisual dan Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Anak SD mengenai Penyakit TB Paru. Sriwij J Med. 2019;2(2):136-143. doi:10.32539/sjm.v2i2.67

Khairunnisa z K z, Sofia R, Magfirah S. Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. AVERROUS J Kedokt dan Kesehat Malikussaleh. 2021;6(1):1-14. doi:10.29103/averrous.v7i1.4395

Saputra O, Suryani D. Pengetahuan, Sikap, Sarana Dan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Asrama Riau Yogyakarta. J Kesehat dan Pengelolaan Lingkung. 2021;2(1):88-93. doi:10.12928/jkpl.v2i1.4157

Ikasari FS, Anggana R. Pengetahuan Anak Usia Sekolah tentang Cuci Tangan yang Benar di Kecamatan Martapura. J Perawat Indones. 2020;4(1):316. doi:10.32584/jpi.v4i1.437

Megawati A. Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Difabel tentang Pencegahan Kekerasan Remaja Putri di Kota Bandung. J Disabil Stud. 2021;08(01):15-28.

Natsir MF. Pengaruh Penyuluhan CTPS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. J Nas Ilmu Kesehat. 2018;1(2):1-9. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/5977

Guspita H. Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah Tentang HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja di SMK Tritech Informatika dan SMK Namira Tech Nusantara Medan Tahun 2013. J Ilman. 2017;5(1):33-40.

Syam A, Indriasari R, Ibnu I. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kwartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. J TEPAT Appl Technol J Community Engagem Serv. 2018;1(2):127-136. doi:10.25042/jurnal_tepat.v1i2.36

Hasrini, Yusrini, Gobel FA. Pengaruh Metode Video dan Metode Ceramah Terhadap Personal Hygiene dan Status Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Sekolah Dasar di Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai Tahun 2019 1. J Mitrasehat. 2020;X(1):74-85.

Nugroho T, Rosidah S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak SD Kelas 2. J Kesehat. 2020;VIII(1):41-48.

Yulinda A, Fitriyah N. Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang sadari di SMKN 5 Surabaya. J Promkes. 2018;6(2):116-128. https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/viewFile/6439/5917

Published

2023-04-30

How to Cite

Mutmawardina, Harpiana Rahman, Farihah Muhsanah, Andi Asrina, & Nurul Hikmah B. (2023). Perbedaan Metode Ceramah Dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SD Inpres Binanga 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022. Window of Public Health Journal, 4(2), 274–285. https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.744

Issue

Section

Articles