Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar

Authors

  • Avita Paradita Wiratman Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.707

Keywords:

Bauran pemasaran, Kualitas pelayanan, Kepuasan

Abstract

Rumah sakit sebagai industri jasa kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan bermutu dan berkualitas melalui strategi pemasaran agar kualitas rumah sakit menjadi lebih tinggi dengan meningkatkan kepuasan pasien yang merupakan aspek penting dalam persaingan pelayanan di rumah sakit yang dianggap dapat memenuhi dan memuaskan keinginan pasien sehingga rumah sakit dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasaan Pasien di Unit Rawat Inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar yaitu sebanyak 602 orang pada bulan Maret tahun 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionated stratified random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis univariat, brivariat dengan menggunakan uji chi-square dan analisis multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar adalah produk, tempat/lokasi, orang, lingkungan fisik, dan proses dengan nilai p=0.000<0.05, tidak terdapat pengaruh bauran pemasaran harga dengan nilai p=0.866>0.05, dan promosi dengan nilai p=0.342>0.05 dan analisis multivariat menunjukkan variabel product, place, people, physical evidence, dan process secara statistik memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien dan variabel yang memiliki pengaruh yang besar adalah people. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk menganalisa variabel lain mengenai bauran pemasaran di unit rawat inap di Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar.

References

Kurniasari LA. Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun Tahun 2019. 2019;

Rinaldi EA. Analisis hubungan bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini tahun 2018. J Bid Ilmu Kesehat [Internet]. 2018;8(2):1–14.

Sujarwo M, Subekti S. Membangun Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Di Kota Tegal. Benefit J Manaj dan Bisnis. 2018;3(1):74.

Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery J. 2020;3(2):1–19.

Nurhab B. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pasien rumah saKit. Finans J Akunt dan Perbank … [Internet]. 2019;10(1):33–9.

Limirang RS, Bachtiar A. Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Pasien Poliklinik Gigi Rumah Sakit Satya Negara Marketing Strategy Planing To Increase Dental Patient Visits At Satya Negara Hospital. J Kesehat Masy. 2021;8(1):34–47.

Andi Sani, Indar A daud. Instakasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Influence Of Marketing Mix Toward Patient Satisfaction In Inpatient At Hospial Islam Faisal Makassar Bagian AKK , Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Hasanuddin Alamat Korespondensi : Andi Sa. Kesehat Masy. 2017;3.

Amin MA, Anwar, Haeruddin. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Kembali Pasien Non Asuransi di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makassar. J Mitrasehat. 2018;8(2):479–88.

Putra MNRM, Khidri Alwi M, Kurnaesih E. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSI Faisal Makassar. Jof Muslim Community Heal 2022 [Internet]. 2022;3(2):25–34.

Reski Alfianti K, Rabbani Karimuna S. the Correlation Between Marketing Mix and Patients’ Decision of Inpatient To Choose Health Services in General Hospital of Bahteramas Province of Southeast Sulawesi in 2016. 2017;2(5):1–14.

Asriani R. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Tenriwaru Kabupaten Bone. Teach Teach Educ [Internet]. 2015;12(1):1–17.

Pratiwi RD. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Inap Rs Tadjuddin Chalid Kota Makassar. 2019;8(5):55.

Faridah. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD. KH. Daud Arif Tanjung Jabung Barat Faridah 1. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2015;15(1):37–44.

Azizah N. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo). Jur Ilmu Kesehat Masy Fak Ilmu Keolahragaan Univ Negeri Semarang. 2019;

Safi A, Sulistiadi W. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien yang diperoleh dari tingkat kunjungan pasien ke rumah sakit : Literature Review Effect of Marketing Mix on Patient Satisfaction obtained from the Rate of Patient Visits to the Hospital : Literature Review. J ARSI. 2020;7(1):1–9.

Published

2023-04-30

How to Cite

Wiratman, A. P., Reza Aril Ahri, & Nurmiati Muchlis. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(2), 314–323. https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.707

Issue

Section

Articles