Identifikasi Bahaya Baktriologi Pada Makanan Dengan Prinsip HAACCP Di Rumah Makan Padang Kota Makassar

Authors

  • Nursyachdewi Latampung Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ikhtiar Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Rahman Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.676

Keywords:

HACCP, Makanan, Bakteriologis

Abstract

Hazard Analysis Critical Control Point adalah suatu system control dalam upaya pencegahan terjadinya masalah keamanan pangan yang didasarkan atas identifikasi bahaya di dalam tahap penanganan pangan dan proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identifikasi bahaya bakteriologi pada bahan makanan dengan prinsip Hazard Analisis Critical Control Point (HACCP) di rumah makan Padang Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif observasional dengan pengujian laboratorium Sampel dalam penelitian ini adalah bahan makanan yaitu daging, sayur yang ada di 5 rumah makan padang di beberapa Kecamatan Kota Makassar. metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di lokasi penelitian yaitu 5 rumah makan padang terdapat kandungan bakteri seperti escherhichia coli pada bahan makanan berdasarkan uji laboratorium. Kemudian dari hasil identifikasi bahaya, sumber bahaya biologi yaitu berasal dari personal hygiene penjamah makanan serta sanitasi rumah makan yang kurang baik.  Titik kritis ditemukan dalam beberapa tahapan proses pengolahan pangan. Serta dilakukan tindakan perbaikan pada setiap bahaya pada makanan maupun tahapan proses. Penjamah diharapkan dapat mengingat pentingnya penjamah makanan untuk  menjaga kebersihan diri dan sanitasi rumah makan agar makanan tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri.

References

Andriani. Gejala Klinis Dan Patologi Anatomi Pasca Infeksi Camphylobacter Jejuni Pada Ayam Boiler. Berita Biologi. 2018;11(3):53-57.

Apriani L, Rahmawati, Kurniatuhadi R. Deteksi Bakteri Salmonella Dan Shigella Pada Makanan Burger Di Sungai Raya Dalam Pontianak. Jurnal Protobiont. 2019;8(3):53-57.

Darmawan A, Muslimin L, Arifah S. Kontaminasi Salmonella spp pada Daging Ayam Broiler yang dijual di beberapa Pasar Tradisional di Makassar. Indonesia Medicus Veterinus. 2020;9(2):168-176.

Fadly M, Anwar, Natsir F. Kualitas Sanitasi Rumah Makan dan Restoran di Objek Wisata Pantai Losari Kota Makassar. Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanuddin. 2017;5(2):112-119.

Febriana R Dan Devi G. Penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (Haccp) Dalam Penyelenggaraan Warung Makan Kampus. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner. 2017;1(1):1–6.

Johnly. Keracunan Makanan Oleh Mikroba. Techno Science Journal. 2020;2(2):15-22.

Nurmila I dan Kusdianti E. Analisis Cemaran Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Salmonella sp. pada Makanan Ringan. Berkala Bioteknologi. 2018;1(1)1-7.

Oktavia. Analisis Bakteriologis pada Makanan Jajanan Pensi (Corbicula sp) yang Terdapat di Daerah Wisata Pantai Padang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan; 2018.

Pertiwi V, Andriani R. Penerapan Hygiene Dan Sanitasi. Penerapan Hygine Dan Sanitasi Di Pastry Hotel Hilton Bandung. 2017;2(1): 69.

Rahmawati D, Handayani R, Willma F. Hygiene dan Sanitasi Lingkungan di Obyek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2018;1(1):87-94

Rochman S, Agensy N, Gusti R. ProgramThe Application of Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) in The Bakery Industry. Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Universitas Darussalam Gontor. 2020;04(01):53–64.

Rohmah. Kuman Pada Makanan Ketoprak Di Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2019;13(3):52–57.

Sadek N. Penetapan Sistem HACCP pada Warung Tegal dan Pembuatan Modul Pelatihannya sebagai Salah Satu Bentuk CSR PT Bintang Toedjoe, Jakarta. Institut Pertanian Bogor; 2017.

Sakdiyah. Hubungan Personal Hygiene Pedagang Makanan Dengan Cemaran Bakteri Coliform Pada Jajanan di Sekolah Dasar Wilayah Kerja UPT PKM Kepanjen. Skripsi. Program Studi Kesehatan Lingkungan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang; 2017.

Surono, I. Sudibyo, A, Waspodo, P. Pengantar Keamanan Pangan untuk Industri Pangan. Yogyakarta: Deepublish; 2017.

Widiyastuti. Analisis Bahaya dan Titik Kendali Kritis (HACCP) Rendang (Studi Kasus diRumah Makan Padang X Kecamatan Pamulangan Kota Tangerang Selatan. Skripsi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah. 2018;1–195.

Published

2023-04-30

How to Cite

Latampung, N., Muhammad Ikhtiar, & Rahman. (2023). Identifikasi Bahaya Baktriologi Pada Makanan Dengan Prinsip HAACCP Di Rumah Makan Padang Kota Makassar . Window of Public Health Journal, 4(2), 217–223. https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.676

Issue

Section

Articles