Intensitas Pencahayaan Dan Kelelahan Mata Pada Pekerja Bagian Kantor RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar

Authors

  • Kismawati Universitas Muslim Indonesia
  • Ikhram Hardi Universitas Muslim Indonesia
  • Chaeruddin Hasan Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Nur Ulmy Mahmud Universitas Muslim Indonesia
  • Farihah Muhsanah Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Kelelahan, Mata, Intensitas, Pencahayaan

Abstract

Kelelahan mata adalah ketegangan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan indera penglihatan dalam bekerja yang memerlukan kemampuan untuk melihat objek dalam jangka waktu yang lama dan biasanya disertai dengan kondisi pandangan yang tidak nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi intensitas pencahayaan dan kelelahan mata pada pekerja di bagian kantor RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah survey deskriptif dengan rancangan cross sectional study. Jumlah sampel sebanyak 52 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara kuesioner dan melakukan pengukuran pencahayaan menggunakan Lux Meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata intensitas pencahayaan yang memapari pekerja sebesar 143,5 lux dan sebanyak 51 orang (98,1%) terpapar dengan intensitas pencahayaan yang masih memenuhi syarat sedangkan yang terpapar dengan intensitas pencahayaan yang tidak memenuhi syarat hanya sebanyak 1 orang (1,9%). Ditemukan yang mengalami kelelahan mata sebanyak 32 orang (61,5%) sedangkan tidak mengalami kelelahan mata sebanyak 20 orang (38,5%). Disarankan bagi pekerja agar dapat melakukan relaksasi dan mengambil istirahat setiap 20 menit bekerja di depan komputer dan dapat mengatur jarak mata dari layar monitor.

References

Anggriani, Y., Ramdan, I. M., & Lusiana, D. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Gejala Kelelahan Mata pada Pengrajin Sarung Tenun Kota Samarinda. Husada Mahakam. Jurnal Kesehatan. 2019;9(1), 505-517.

Asnel, R., & Kurniawan, C. Analisis Faktor Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan. 2020;5(2), 356-365.

Chandraswara, B. N., & Rifai, M. Hubungan Antara Usia, Jarak Penglihatan dan Masa Kerja Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pembatik di Industri Batik Tulis Sri Kuncoro Dusun Giriloyo Kabupaten Bantul. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;11(1), 38-44.

Extrada, E. E. E., Muhamadiah, M., Makomulamin, M., Efendi, A. S. E. A. S., & Edigan, F. E. F. Analisis Dampak Intensitas Pencahayaan Ruangan Farmasi Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Di Rumah Sakit Mesra Kabupaten Kampar Tahun 2020. Media Kesmas (Public Health Media). 2021;1(1), 59-71.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Panduan Penulisan Proposal Dan Skripsi. 2021. Makassar.

Firdani, F. Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Operator Komputer. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan. 2020;5(1), 64-70.

Hanafi, M. H., Asril, A., & Efendi, A. S. Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pengguna Komputer Di Stikes Hang Tuah Pekanbaru Tahun 2020: Factors Related To Complaints Of Eye Failure On Computer Users In Stikes Hang Tuah Pekanbaru 2020. Media Kesmas (Public Health Media). 2021;1(2), 241-250.

Hutauruk, F. O., Atmam, A., & Situmeang, U. Analisis Intensitas Pencahayaan pada Lapangan Planet Futsal Rumbai Pekanbaru. SainETIn (Jurnal Sains, Energi, Teknologi & Industri). 2017;2(1), 1-10.

Lubis, N. D. S., Indah, F. P. S., & Listiana, I. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Asthenopia Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Pt. Cipta Kreasndo Gracia Kabupaten Tangerang. Journal Of Midwifery Care. 2022;2(02), 155-164.

Marganita, E. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kelelahan Mata Terhadap Paparan Komputer Pada Karyawan Di Pt. Inka Multi Solusi Service Madiun. (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia). 2021.

Published

2024-04-30

How to Cite

Kismawati, Ikhram Hardi, Chaeruddin Hasan, Nur Ulmy Mahmud, & Farihah Muhsanah. (2024). Intensitas Pencahayaan Dan Kelelahan Mata Pada Pekerja Bagian Kantor RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Window of Public Health Journal, 5(2), 261–266. Retrieved from https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/655

Issue

Section

Articles