Hubungan Intensitas Penggunaan Internet dan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Amessangeng Maros

Authors

  • St. Syakirah Halim Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Khidri Alwi Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Mansur Sulolipu Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Ulmy Mahmud Universitas Muslim Indonesia
  • Yuliati Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v5i1.648

Keywords:

Internet, Kualitas tidur, Konsentrasi, Siswa

Abstract

Asosiasi Penyeleggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2019-2020 menyebutkan bahwa penetrasi penggunaan internet di Indonesia sekita 73,3 persen dari populasi atau setara dengan 196,7 juta pengguna. Seperti yang disampaikan oleh Sari (2021) dampak negatif dari penggunaan media sosial pada siswa adalah dapat menggangu proses belajar mengajar di sekolah, yang menyebabkan konsentrasi siswa terpecah sama dengan kualitas tidur. Survei National Sleep Foundation (NSF) di Amerika, orang-orang yang mengaku punya kesulitan tidur dilaporkan lebih sulit berkonsentrasi, sulit menyelesaikan sejumlah tugas, serta sedikit menjadi emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan internet dan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Amessangeng Maros. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode Cross-Sectional Study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MA Darul Ulum Amessangeng Maros, sebanyak 150 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang jumlah sampelnya sebanyak 108 orang siswa. Metode analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan internet tidak berhubungan dengan konsentrasi belajar yaitu (p = 0,733 > α = 0,05). Sedangkan kualitas tidur berhubungan dengan konsentrasi belajar yaitu (p = 0,044 < α = 0,05). Penelitian ini menyarankan kepada para siswa yang memiliki konsentrasi belajar baik agar mempertahankan kebiasaan tersebut dan siswa yang memiliki konsentrasi belajar buruk agar lebih berusaha untuk fokus pada pelajaran.

References

Maharani D, Helmiah F, Rahmadani N. Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika J Pengabdi Masy Inform. 2021;1(1):1–7.

Ramadhan B. Ini Data Pengguna Internet di Seluruh Dunia Tahun 2020 [Internet]. TEKNOIA. 2020. Available from: https://teknoia.com/data-pengguna-internet-dunia-ac03abc7476

Tim APJII. Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019 – Q2 2020 [Internet]. Buletin APJII. 2020. Available from: https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/

Sari ElP. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasui Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII dI SMPN 02 Tebat Karai Kepahiang. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu; 2021.

Ainida HF, Dhian Ririn Lestari, Rizany I. Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur Remaja di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar. Ejuenal Keperawatan. 2020;4(2):47–53.

Suci NM, Dewi AP, Indriati G, Keperawatan F, Riau U. Hubungan penggunaan internet terhadap konsentrasi belajar. J Online Mhs FKp. 2020;6(1):263–71.

Fitri N, Asterina. SAN. Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Daya Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik. JIKESI (Jurnal Ilmu Kesehat Indones. 2020;1(2):167–72.

Djamalilleil SF, Rosmaini R, Dewi NP. Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah Padang Angkatan 2018. Heal Med J. 2020;3(1):43–50.

Arifin Z, Wati E. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hum Care J. 2020;5(3):650.

Sinabutar NA, Pratiwi NI. Hubungan Antar Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Smk Pustek Serpong Tangerang Selatan Tahun 2020. J Kesehat STIKes IMC Bintaro. 2022;5(1):48–52.

Gustiawati I, Murwani A. Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII Dan VIII. J Kesehat Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang. 2020;8(2):107.

Novianti R. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Man 2 Palembang. J PAI Raden Fatah. 2019;1(1):1–20.

Badriyah R. Hubungan antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar siswa : studi kreatifitas dalam smartphone untuk pembelajaran. J Creat Attitudes Cult. 2021;2(1):3–6.

Saadatun Nikmah, Theresia Sri Hartati M. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Pedagogika. 2022;13(01):35–43.

Arnis A. Hubungan Antara Kuantitas dan Kualitas Tidur Dengan Uji Kompetensi DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Qual J Kesehat. 2018;12(2):33–6.

Salikunna NA, Didik Astiawan W, Handayani F, Ramadhan MZ. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Mahasiswa. Heal Tadulako J (Jurnal Kesehat Tadulako. 2022;8(3):157–63.

Sunbanu VMSM, Rante SDTR, Damanik EMB. Hubungan Kualitas Tidur Dan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Teknik Sipil Di Politeknik Negeri Kupang Selama Pandemi Covid-19. Cendana Med J. 2021;9(2):190–7.

Published

2024-02-27

How to Cite

Halim, S. S., Muhammad Khidri Alwi, Andi Mansur Sulolipu, Nur Ulmy Mahmud, & Yuliati. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet dan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Amessangeng Maros. Window of Public Health Journal, 5(1), 160–169. https://doi.org/10.33096/woph.v5i1.648

Issue

Section

Articles