Hubungan Patient Safety Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tenriawaru Kabupaten Bone

Authors

  • Andi Nurul Azizah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Surahman Batara Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Ulfah Mutthalib Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.59

Keywords:

Patient Safety, Kepuasan Pasien, Rumah sakit

Abstract

Patient safety telah menjadi prioritas untuk layanan kesehatan di seluruh dunia. Oleh karena itu, pelayanan profesional yang bermutu tinggi berfokus pada keselamatan (safety) dan kepuasan pasien1. Patient safety merupakan suatu sistem yang harus diterapkan di rumah sakit untuk mencegah terjadinya situasi yang berpontensi mengakibatkan cedera yang seharusnya tidak terjadi atau biasa disebut insiden keselamatan pasien2. Insiden keselamatan pasien masih banyak ditemukan di berbagai negara termasuk di Indonesia1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan patient safety dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Tenriawaru Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di 6 ruang rawat yaitu ruangan VIP Azalea, ruangan Mawar: Mawar (OBS), Mawar (GYN), ruangan Melati (Perawatan Bedah), ruangan Kenanga (Lantai 3), ruangan Lavender (Lantai 4), dan ruangan Matahari (Lantai 5) yaitu sebanyak 361 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan metode Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 Responden. Metode analisis data menggunakan Univariat dan Bivariat dengan uji Chi-Square pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang berhubungan secara signifikan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Tenriawaru Kabupaten Bone adalah identifikasi pasien (p=0,001), komunikasi yang efektif (p=0,000), keamanan obat (p=0,000), dan risiko pasien jatuh (p=0,012). Diharapkan peneliti selanjutnya untuk menganalisa variabel lain mengenai patient safety yang berhubungan dengan kepuasan pada pasien rawat inap.

References

Mangindara, Samad MA, Insani Y, Uta RM. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2020;6(2):155–68.

Sumarni. Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. J Ners dan Kebidanan Indones. 2017;5(2):91–9.

Andriani L. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sasaran Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. 2017;

Sipayung M. Indikator Keselamatan Pasien pada Kinerja di Rumah Sakit. 2020;

Putri ME. Dampak Penerapan Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana. J Psikol Jambi. 2018;03(01):1–6.

Ariyati T, Apriyatmoko R, Pranoto HH. Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Kepatuhan Penerapan Prosedur Keselamatan Pasien di Instalasi Rawat Inap II RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang. 2019;1–11.

Ulumiyah NH. Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):149–55.

Isclawati E, Usman, Majid M. Analisis Penerapan Kebijakan Kesehatan Spesifik Patient Safety di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. J Ilm Mns dan Kesehat [Internet]. 2020;3(3):315–22. Available from: http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/view/307/478

Surahmat R, Neherta M, Nurariati. The Relationship of Supervision With Implementation Patient Safety In Muhammadiyah Palembang Hospital. J Nas Keperawatan. 2018;173–8.

Wahyuningsih DN, Mahfud, Zulpahiyana. Hubungan Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Pemasangan Gelang Identitas Pasien dengan Kepuasan Pasien di Ruang Penerimaan Pasien Rawat Inap RSUD Wates Kulon Progo. J Ilmu Keperawatan. 2020;1–11.

Iswati. Budaya Keselamatan Pasien dan Kepuasan Pasien. Adi Husada Nurs J. 2017;3(2):50–4.

Jannah M. Hubungan Kepuasan Pasien dengan Penerapan Keselamatan Pasien oleh Perawat. 2020;

Widiasari, Handiyani H, Novieastari E. Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. J Keperawatan Indones. 2019;22(1):43–52.

Syafridayani F. 6 Sasaran Penting Keselamatan Pasien yang Harus Diketahui dan Dipahami oleh Seorang Perawat. 2020;

Siti M, Zulpahiyana, Indrayana S. Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. J Ners dan Kebidanan Indones. 2016;4(1):30–34.

Hilmawan FA, Suprapti E, Solechan A. Hubungan Antara Penerapan Standart Operational Procedure (SOP) Pemberian Obat Prinsip Enam Benar Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di RSUD Ungaran. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan [Internet]. 2018;1–10. Available from: http://ejournal.stikestelogorejo.ac.id/index.php/ilmukeperawatan/article/view/266/291

Widiasari. Hubungan Penerapan Keselamatan Pasien dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. 2018.

Taylor JS. Improving Patient Safety and Satisfaction With Standardized Bedside Handoff and Walking Rounds. Clin J Oncol Nurs. 2015;19(4):414–6.

Published

2023-08-30

How to Cite

Andi Nurul Azizah, Andi Surahman Batara, & Nurul Ulfah Mutthalib. (2023). Hubungan Patient Safety Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tenriawaru Kabupaten Bone . Window of Public Health Journal, 4(4), 603–613. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.59

Issue

Section

Articles