Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pada Loket Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera Kota Makassar

Authors

  • Fitria Amalia Hilwani Universitas Muslim Indonesia
  • Nurfardiansyah Bur Universitas Muslim Indonesia
  • Nurbaety Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v5i1.584

Keywords:

Physical evidence, loket pendaftaran, kepuasan pasien

Abstract

Rumah sakit mempunyai berbagai macam jenis pelayanan kesehatan yang dapat diunggulkan untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pasien. Salah satu jenis pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit yaitu pelayanan rawat jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh physcal evidence terhadap kepuasan loket pendaftaran pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera Kota Makassar Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien umum rawat jalan yang berkunjung pada bulan Desember 2021 sebanyak 317 pasien dengan tingkat kesalahan 10% menggunakan teknik purposive sampling yang jumlah sampelnya 76 pasien umum rawat jalan yang telah mendapatkan pelayanan di loket pendaftaran. Metode analisis menggunakan uji t test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa physical evidence  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan loket pendaftaran pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera. Adapun nilai signifikansinya = 0,000 dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,573 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh physical evidence terhadap kepuasan loket pendaftaran adalah sebesar 57,3 %. Penelitian ini menyarankan kepada pihak rumah sakit agar memperhatikan, meningkatkan dan mempertahankan physical evidence loket pendaftaran di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera agar pasien yang berkunjung dapat merasakan nyaman dan merasa puas akan physical evidence loket pendaftaran di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera.

References

Nugraheni R, Kumalasari YI. Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit X Kota Kediri. Jurnal Kesehatan [Internet]. 2020;8(2):96–105. Available from: https://doi.org/10.25047/j-kes.v8i2

Larasati N. Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam Rangka Menjamin Perlindungan Kesehatan bagi Peserta BPJS di RSUD DR.M.Soewandhi Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 2016;4(2):81-93

Irmawati S, Sultan H, Nurhannis. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Kataogis. 2017;5(1):188-197

Tri PS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit X. 2022;3(1):53-59

Ni KSD, A.A.N OSG. Menyigi Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pada Era Pandemi. 2021;16(2):6347-6362

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit 1018196/jmmr2016. 2017;6(1):9–15

Erlindai. Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di UPT Rumah Sakit Khusus Mata Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda. 2019;4(1):573–80

Septiani AS, Wigati PA, Fatmasari EY. Gambaran Sistem Antrian Pasien Dalam Optimasi Pelayanan Di Loket Pendaftaran Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati [Internet]. Vol. 5. 2017. Available from: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Asnidar, Akbar, Nurjaya. Pengaruh Tangible dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien Pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo. Movere Journal. 2020;2(2):20–31

Riska Y, Henni F, Wulan A, Bintang Ap, Nopia W. Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid 19. Junal Kesmas Asclepius. 2021;3(2):49-59.

Dewi M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 2016;5(2):535-544

Kotler P. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. 1997;jilid 1

Eka RB. Pengaruh Daya Tanggap, Bukti Fisik, dan Operational Benevolence Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang VIP BLUD RSUD Dr. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 2018;14(3):236-244

Natalia RBU. Pengaruh Kualitas Layanan Pasien Rawat Inap Terhadap Loyalitas di Rumah Sakit Sekar Kamulyan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA). 2019;21(1)

Vera S, Rizanda M, Fitra Y. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis. 2019;6(2):116-126

Kosnan W. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Vol. 21, Bisnis dan Akuntansi (JEBA). 2019.

Published

2024-02-27

How to Cite

Hilwani, F. A., Nurfardiansyah Bur, & Nurbaety. (2024). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pada Loket Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Akademis Jaury Jusuf Putera Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.33096/woph.v5i1.584

Issue

Section

Articles