Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di RSUD Haji Makassar

Authors

  • Andi Mellinia Taslim Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Ulfa Sulaeman Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.579

Keywords:

Kinerja, Perawat, Kualitas kerja

Abstract

Kinerja perawat adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang perawat dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ada beberapa faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat yaitu motivasi perawat yang merupakan kondisi yang menggerakkan perawat secara terarah untuk mencapai kinerja yang baik. Kinerja perawat juga berhubungan dengan fasilitas pendukung yang ada di rumah sakit yang dapat menunjang kinerja seorang perawat. Selanjutnya pengetahuan perawat yang berupa pemahaman dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas keperawatan dengan baik. Kemudian salah satu faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat di rumah sakit adalah gaya kepemimpinan yang baik akan memeberikan motivasi atau semangat terhadap perawat apabila dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Permasalahan saat ini terkait dengan kinerja di RSUD Haji Makassar yaitu fasilitas rumah sakit yang kurang memadai, kurangnya pemberian motivasi dari pimpinan, dan jarangnya diadakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan perawat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah perawat di RSUD Haji Makassar yaitu sebanyak 316 orang pada tahun 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis univariat dan brivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang berhubungan antara kinerja perawat di RSUD Haji Makassar adalah motivasi (p=0.004), fasilitas (p=0.075), pengetahuan (p=0.000), dan gaya kepemimpinan (p=0.394). Diharapkan peneliti selanjutnya untuk menganalisa variabel lain mengenai kinerja perawat.

References

Kartini SA. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Duplikasi Penomoran Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit Advent Medan. J Ilm Perekam Dan Inf Kesehat Imelda. 2020;98–107.

Nur Anisa A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. 2021.

Pristi Dhede Afrinda. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Medika Medan. Univ Sumatera Utara. 2021;(3):161.

Supriadi S. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Islam PDHI Yogyakarta. Heal Sci Pharm J. 2017;30.

Hadinata D, Wahyuni S, Putri DIN. Hubungan Pendidikan Dan Pelatihan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Cideres Kabupaten Majalengka. J JKeperawatan dan Kesehat MEDISNA AKPER YPIB Majlaengka [Internet]. 2019;1–12. Available from: https://ejournal.akperypib.ac.id

Adi Sulaeman, Jalil. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Konfeksi Tijay Jeans Bandung. 2018;60.

Salawangi, Feby K. Kolebu, Ribka Wowor. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Liun Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe. 2018;28.

Asri, Ansar, & Munir, A. R. Pengaruh Kompensasi, Fasilitas Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pada Rektorat UIN Alauddin Makassar. Journal Of Management. ;20192(1).

Hernika. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun 2015. Repository Universitas Teuku Umar. 2017.

Halawa , Afeus. Pengembangan Model Peran Perawat Pelaksana Dalam Upaya Meningkatkan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Umum Deli Medan. 2021;47.

Darsini, Fahrurrozi, & Agus Cahyono. Faktor-faktor yang Mempngaruhi Tingkat Pengetahuan Perawat Di Ponorogo.2019;79.

Hasibuan, Ari. Pengaruh Tingkat Pengetahuan dan Fasilitas Pegawai Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD Sragen. 2016;74.

Intania, Ikhsan. Pengaruh Karakteristik Individu dan Tingkat Pengetahuan Perawat Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD Dr. Djasamen Saragih Kota Pematangan Siantar. 2018;60.

Paramita, Lisa. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrasi Negara. 2018;2358-2366.

Inna Nisawati Mardiani, Yon Darwis Sepdiana. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. MASTER J Manaj Strateg Kewirausahaan. 2021;1–10.

Published

2023-02-28

How to Cite

Mellinia Taslim, A., Reza Aril Ahri, & Ulfa Sulaeman. (2023). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Di RSUD Haji Makassar. Window of Public Health Journal, 4(1), 114–123. https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.579

Issue

Section

Articles