Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah Di TK Sumange Teallara
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i4.555Keywords:
Perkembangan, Motorik, Status giziAbstract
Perkembangan anak merupakan perubahan psikologis anak yang mempunyai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada diri anak, dapat dilihat dari faktor lingkungan dan proses belajar anak dalam waktu tertentu menuju kedewasaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Sumange Tealara Pattiro Bajo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 anak yang diambil dengan menggunakan metode Total Sampling. Hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak ada variabel yang berhubungan dengan status gizi. Dimana nilai dari hubungan status gizi dengan Perkembangan motorik kasar adalah (p=0,633), hubungan status gizi dengan perkembangan motorik halus adalah (p=0,891), hubungan status gizi dengan personal sosial adalah (p=0,061) dan hubungan status gizi dengan perkembangan bahasa adalah (p=891). Saran penelian ini adalah diharapkan ibu anak dapat berkunjung secara rutin ke posyandu atau tenaga kesehatan untuk memeriksakan status gizi dan perkembangan anak dan tenaga pendidik berkolaborasi dengan tenaga Kesehatan untuk melakukan observasi terhadap status gizi dengan perkembangan pada anak secara intensive khususnya anak usia prasekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fidia Amalia, Septiyanti, Rezky Aulia Yusuf, Arman, Sitti Patimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.