Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Layanan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

Authors

  • Fitri Suci Rahmadani Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Septiyanti Peminatan Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.544

Keywords:

Rumah sakit, Kualitas layanan, Pasien rawat jalan

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya ialah dengan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Keberadaan fasilitas pelayanan kesehatan mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat suatu negara. Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi tingkat kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kualitas layanan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode analitik pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa pada bulan Oktober tahun 2021 yaitu sebesar 179 orang. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan sampel sebanyak 64 pasien. Analisis data menggunakan uji statistik logistik berganda untuk melihat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan air bersih terdapat hubungan positif dan signifikan dengan kualitas layanan dengan nilai p=0,001, SDM/tenaga kesehatan terdapat hubungan positif dan signifikan dengan kualitas layanan dengan nilai p=0,000, dan ketersediaan alat medis terdapat hubungan positif dan signifikan dengan kualitas layanan dengan nilai p=0,003. Diharapkan untuk pihak Rumah Sakit agar lebih memperhatikan mengenai bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan pihak pasien atau pengunjung guna meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan citra yang baik bagi pihak rumah sakit.

Published

2023-02-28

How to Cite

Fitri Suci Rahmadani, Haeruddin, & Septiyanti. (2023). Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Layanan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa . Window of Public Health Journal, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.544

Issue

Section

Articles