Hubungan Technical Quality Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.485Keywords:
Technical quality, patient satisfaction, public health centerAbstract
Kualitas pelayanan dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan. Citra kualitas pelayanan yang baik pada sudut pandang atau persepsi pelanggan. Dalam pelayanan kesehatan, kualitas pelayanan menempatkan pasien sebagai pihak yang mengkonsumsi dan menikmati jasa pelayanan kesehatan termasuk yang paling menentukan kualitas jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Technical quality dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Ternate. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, jumlah populasi 13.012 rata- rata dalam 1 tahun jumlah sampel adalah 293 pasien, penentuan besar sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Analisis data menggunakan Univariat dan Bivariat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa technical quality terdapat hubungan signifikan dengan kepuasan pasien dengan nilai P-Value 0,000<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah technical quality sangat signifikan dengan kepuasan pasien sangat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pihak Puskesmas Kota Ternate agar lebih meningkatkan kinerja petugasnya agar pasien puas dalam mendapatkan pelayanan dan meningkatkan sarana fasilitas di Puskesmas Kota Ternate tersebut agar pasien merasa nyaman dan tenang dalam memeriksa kesehatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Febrianti Puspitasari, Chaeruddin Hasan, Yusriani Yusriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.