Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar

Authors

  • Sri Mutmainna Hartia Ningsih Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Multazam Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.455

Keywords:

bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan

Abstract

Di era globalisisasi ini, yang mejadi indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas adalah kepuasan pasien. Kualitas layanan akan menjadi tuntutan masyarakat bagi penyedian layanan jasa yang berorientasi profit maupun nonprofit. Dapat dilihat bagaimana kualitas layanan menjadi tuntutan masyarakat yang menyampaikan ketidakpuasan mereka terhadap unjuk kerja suatu instansi yang menyediakan layanan jasa yang berhubungan langsung terhadap masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 pasien. Menggunakan anaslis uji univariat, uji bivariat, regerasi linear berganda dan multivariat. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat jalan peserta BPJS di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar sudah baik dan puas. Hal ini dapat kita lihat dari hasil uji statistk yang menunjukkan bahwa secara parsial variabel bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), dan empati (empathy) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan yang berada bawah 0,05 dan nilai T hitung > T table. Secara simultan variabel bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), empati (empathy), dan  jamninan (assurance) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Diharapkan pada pihak puskesmas untuk selalu memantau dan menganalisis setiap keluhaan dan harapan pasien yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS di Puuskesmas Antang Perumnas Kota Makassar.

References

Adziani Dkk. 2020. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kelayan Dalam Tahun 2020. J Kesehat. 2020;Null(23):1–11.

Abidin. Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare Effect Of Bpjs Health Service Quality On Patient Satisfaction In Cempae Community Health Center , Parepare City. J Mkm. 2016;12(2):70–5.

Fristiohady A, Fitrawan LOM, Pemudi YD, Ihsan S, Ruslin R, Bafadal M, Et Al. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode SERVQUAL. J Surya Med. 2020;6(1):6–12.

Deliana D, Rachmawaty M. Noer, Agushtia M, Pratiwi CD, Rumayar AA, Mandagi CKF, Et Al. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasaan Pasien Pada Masa Covid-19. Kesmas [Internet]. 2020;1(1):1–11.

Ahmad Z. Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Oleh Pemerintah Melalui Program Badan Penyelengara Jaminan Sosial. 2017;210093.

Hendrawan A 2021. Jurnal Delima Harapan. J Delima Harapan. 2019;6(2):69–81.

Riswan. Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 2020;

Fadhola A, Humisar H. Rancangan Bangun Sistem Informasi Administrasi. 2018;1(5):436–41.

Ferayanti, H N. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. J Ad’ministrare. 2014;1(1):28–38.

Haeruddin, Alwi Khidri SU. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Dan Minat Kembali Di RSUD Haji Makassar. J Kesehat. 2021;4 No. 3(3):282–8.

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien. J Kesehat Vokasional. 2017;2(1):140–8.

Maulina L, Madjid TA, Chotimah I. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor. 2019;2(2):130.

Nopiani CS 2019. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. J Ilmu Manaj Dan Akunt. 2019;7(1):1–7.

Pratiwi CD, Rumayar AA, Mandagi CKF. Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Kesmas. 2018;7(5):1–11.

Purnamasari W 2020. WULAN PURNAMASARI K111 16 009 Skripsi Ini Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat. 2020;

Sulastri F. Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Adm Publik. 2018;1:1–20.

Published

2023-12-30

How to Cite

Hartia Ningsih, S. M., Haeruddin, & Andi Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 1085–1093. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.455

Issue

Section

Articles