Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Di PT. PLN (Persero) UlP Daya

Authors

  • Alivia Ananda Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Yuliati Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Nurlinda Peminatan Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Alfina Baharuddin Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Hidayat Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.451

Keywords:

Perilaku tidak aman, Pengetahuan, Pekerja

Abstract

Perilaku tidak aman adalah suatu tindakan membahayakan atau tidak aman yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja yang menimbulkan kerugian, cedera hingga kematian. Salah satu masalah dari perilaku tidak aman pada pekerja yaitu faktor pengetahuan. Pengaruh pengetahuan terhadap perilaku tidak aman terjadi karena kuranganya sosialisasi mengenai keselamatan dalam berperilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku tidak aman pada pekerja di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Daya Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. dengan pendekatan cross-sectional. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square (derajat kemaknaan α=0.05). Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa mayoritas pekerja (82.4%) memiliki pengetahuan yang baik dan sebagian besar (79.4%) pekerja memiliki perilaku tidak aman. Sedangkan hasil uji chi-square menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku tidak aman (p=0,169 >α= 0,05). Diharapkan peneliti selanjutnya untuk lebih dapat menganalisis secara mendalam mengenai hubungan perilaku tidak aman dengan faktor pengetahuan serta faktor lainnya seperti faktor predisposisi, enabling dan reinforcing pada pekerja teknisi di PT. PLN (Persero) Unit lainnya dengan lingkup sasaran lebih luas agar lebih menggambarkan generalisasi.

References

Hebbie Ilma Adzim. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja [Internet]. Permenaker Nomor 5. 2013. Available from: http://ojs3.lppm-uis.org/index.php/J-KIS/article/view/116

Dewita T, Hurit blasius R, Martha E. Hubungan Pengetahuan, Lingkungan dan Mesin dengan Perilaku Tidak Aman pada Pengoperasian Crane di PT X Kota Batam. Kesehat Ibnu Sina [Internet]. 2021;2(1):33–40. Available from: http://ojs3.lppm-uis.org/index.php/J-KIS/article/view/116

ILO. Meningkatkan Keselamatan Dan Kesehatan Pekerja Muda. 2018.

Askhary RA. Faktor Unsafe Action (Perilaku Tidak Aman Konstruksi Proyek Pembangunan Rumah Bertigkat Oleh PT. Jade Cipta Cemerlang Makassar Tahun 2017. Universitas iIlam Negeri Alauddin Makassar; 2017.

Rahman AF. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Tidak Aman (unsafe behavior) pada Karyawan Produksi di PT. Mekar Armada Jaya Bekasi. Skripsi Univ Negeri Semarang. 2019;20–31.

Suma’mur. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta. PT. Gunung Agung; 2018.

Pratiwi A, Sukmandari EA, Rakhmadi T. Hubungan pengalaman kerja, pengetahuan K3, Sikap K3 terhadap perilaku tidak aman pada pekerja konstruksi di Institusi X Kabupaten Tegal. J Chem Inf Model. 2019;10(2).

Tarwaka. Dasar-Dasar Keselamatan Kerja Serta Pencegahan Kecelakaan di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press; 2016.

Ramadhany FA, Pristya TYR. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Selamat (Unsafe Act) pada Pekerja di Bagian Produksi PT Lestari Banten Energi. J Ilm Kesehat Masy. 2019;11(2):199–205.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2003.

Sumaningrum ND. Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Mahasiswa Pada Saat Praktik Di Laboratorium Perguruan Tinggi X Di Jawa Timur. J Wiyata. 2017;4(1):45–8.

Praseya TAE, A. Y. Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri Pekerja Bongkar Muat Petikemas Pt. X Surabaya. J Ind Hyg Occup Heal. 2016;1(1):15.

Simbolon NH. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman pada Pekerja Pemanen Kelapa Sawit PTPN IV Kebun Bah Jambi. 2017;4–16.

Hartono A, Sutopo S. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Persepsi Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. J Din Vokasional Tek Mesin. 2018;3(2):76–81.

Arum J, Pratiwi D, Halu U, Kendari O, Halu U, Kendari O, et al. Pada Pekerja Konstruksi Proyek Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( KPwBI ) Kendari Tahun 2019 Factors Relating To Unsafe Behavior In Construction Workers Of Bank Indonesia Representative Office ( KPwBI ) Kendari. 2021;2(1):40–6.

Yusril M, Muhammad Khidri Alwi, Chaeruddin Hasan. Faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Acation) pada Pekerja Bagian Produksi PT. Sermani Stell. Wind Public Heal J. 2021;1(4):370–81.

Published

2023-02-28

How to Cite

Ananda, A., Yuliati, Andi Nurlinda, Alfina Baharuddin, & Hidayat. (2023). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Di PT. PLN (Persero) UlP Daya . Window of Public Health Journal, 4(1), 146–152. https://doi.org/10.33096/woph.v4i1.451

Issue

Section

Articles