Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Jalan Di Masa Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Tanete

Authors

  • Ainun Rezki Salam Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Multazam Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurbaety Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.393

Keywords:

Sikap, Pemanfaatan pelayanan, Covid-19

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah upaya sendiri atau bersama untuk memelihara, menyembuhkan memulihkan kesehatan perseorangan dan masyarakat. Jumlah kunjungan selama satu tahun pandemi Covid-19 di Puskesmas Tanete Kabupaten Bulukumba mengalami penurunan yang sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Tanete Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang dilakukan dalan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 146 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan analisis frekuensi merupakan analisis yang mencakup gambaran frekuensi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap responden baik dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanete sebanyak 66,4%. Namun masihada yang belum mengikuti pelayanan kesehatan karena faktor pekerjaan. Diharapkan instansi Puskesmas Tanete agar lebih meningkatkan sikap responden melalui optimalisasi promosi kesehatan.

Published

2022-10-30

How to Cite

Salam, A. R., Multazam, & Nurbaety. (2022). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Jalan Di Masa Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Tanete. Window of Public Health Journal, 3(5), 971–979. https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.393

Issue

Section

Articles