Gambaran Mutu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar

Authors

  • Sri Wahyuni Azis Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa
  • Nurfardiansyah Bur Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa
  • Nurgahayu Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v3i2.372

Keywords:

Kecepatan, Kenyamanan, Keramahan, Ketersediaan, Keterampilan

Abstract

Penyedia layanan yang tidak memberikan perhatian yang cukup untuk menangani pengaduan secara efektif dapat membuat pasien tidak senang dan kecewa terhadap pelayanan kesehatan. Keluhan yang disampaikan pasien dalam penelitian ini adalah mereka merasa terlalu lama menunggu di tempat pemeriksaan dan pelayanan dipendaftaran, sedangkan pasien yang tidak memiliki keluhan, mereka merasa sudah dilayani dengan baik dan mereka memahami kondisi di Puskesmas bahwa pelayanan memang harus serius di layani tanpa terburu buru jadi perlu waktu agar tidak terjadi kesalahan dalam pemeriksaan maupun penyediaan obat. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran mutu pelayanan di rawat jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengambilan sampel dengan Teknik simple Random Sampling sebanyak 103 responden. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan pelayanan cukup cepat dengan 94,2%, kenyamanan pelayanan cukup nyaman dengan 96,1%, keramahan petugas cukup ramah dengan 98,1%, ketersediaan alat cukup tersedia dengan 97,1%, keterampilan petugas cukup terampil dengan 99,0%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu   agar kecepatan pelayanan yang cukup cepat, kenyamanan pelayanan yang cukup nyaman, keramahan petugas yang cukup ramah, ketersediaan alat yang cukup tersedia dan keterampilan petugas yang cukup terampil yang ada di rawat jalan Puskesmas Kassi Kassi agar tetap dipertahankan.

Published

2022-04-30

How to Cite

Sri Wahyuni Azis, Nurfardiansyah Bur, & Nurgahayu. (2022). Gambaran Mutu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(2), 268–275. https://doi.org/10.33096/woph.v3i2.372

Issue

Section

Articles