Gambaran Mutu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i2.372Keywords:
Kecepatan, Kenyamanan, Keramahan, Ketersediaan, KeterampilanAbstract
Penyedia layanan yang tidak memberikan perhatian yang cukup untuk menangani pengaduan secara efektif dapat membuat pasien tidak senang dan kecewa terhadap pelayanan kesehatan. Keluhan yang disampaikan pasien dalam penelitian ini adalah mereka merasa terlalu lama menunggu di tempat pemeriksaan dan pelayanan dipendaftaran, sedangkan pasien yang tidak memiliki keluhan, mereka merasa sudah dilayani dengan baik dan mereka memahami kondisi di Puskesmas bahwa pelayanan memang harus serius di layani tanpa terburu buru jadi perlu waktu agar tidak terjadi kesalahan dalam pemeriksaan maupun penyediaan obat. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran mutu pelayanan di rawat jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengambilan sampel dengan Teknik simple Random Sampling sebanyak 103 responden. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan pelayanan cukup cepat dengan 94,2%, kenyamanan pelayanan cukup nyaman dengan 96,1%, keramahan petugas cukup ramah dengan 98,1%, ketersediaan alat cukup tersedia dengan 97,1%, keterampilan petugas cukup terampil dengan 99,0%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu agar kecepatan pelayanan yang cukup cepat, kenyamanan pelayanan yang cukup nyaman, keramahan petugas yang cukup ramah, ketersediaan alat yang cukup tersedia dan keterampilan petugas yang cukup terampil yang ada di rawat jalan Puskesmas Kassi Kassi agar tetap dipertahankan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.