Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Pengurus OSIS Sebagai Peer Educator Pencegahan COVID-19 di SMA Negeri 4 Maros
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i2.364Keywords:
Covid-19, Peer educator, Pengetahuan siswaAbstract
Covid-19 kasusnya dimulai dengan pneumonia atau radang paru-paru misterius pada desember 2019. Infeksi virus corona atau COVID-19 disebabkan oleh Corona Virus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan, pada sebagian besar kasus corona virus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu, akan tetapi virus ini juga bisa menyebabkab infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, middle east respiratory syndrome (MERS) dan severe acute respiratory syndrome (SARS). Salah satu pendekatan edukasi kesehatan yang efektif pada remaja untuk mencegah meningkatnya kasus COVID-19 yaitu dengan metode peer educator (pendidikan sebaya). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan pengurus OSIS sebagai peer educator pencegahan COVID-19 di SMA Negeri 4 Maros Tahun 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental dengan one group pre test post test design. Jumlah populasi 50 siswa dengan menggunakan metode total sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner, waktu penelitian bulan februari hingga juli 2021 di SMA Negeri 4 Maros. Data analisis meliputi analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistic T-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna antara sebelum dan sesudah edukasi peer educator pencegahan COVID-19. p value yang diperoleh dari tingkat pengetahuan 0.000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode peer educator terhadap pengetahuan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa edukasi peer educator pencegahan COVID-19 mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan pengetahuan siswa di SMA Negeri 4 Maros. Diharapkan selanjutnya perlu dilakukan penelitian serupa untuk mengukur perilaku dan tindakan terhadap pencegahan COVID-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.