Hubungan Persepsi Brand Image dengan Sikap Kunjungan Ulang Pasien Pelayanan Rawat Jalan di Poli Spesialis Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Babat

Authors

  • Angga Delima Sari 3Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Satriya Wijaya Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mursyidul Ibad Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v3i1.339

Keywords:

Brand image, Kunjungan ulang pasien, Rumah sakit

Abstract

Brand image sebuah sumber keunggulan Rumah Sakit dalam menghadapi persaingan, RSMUB tergolong Rumah Sakit baru sehingga brand image masih menjadi ancaman bagi kesuksesan Rumah Sakit. Persepsi brand image dimiliki RSUMB secara keseluruhan sudah baik, akan tetapi Rumah Sakit tergolong mahal dalam segi obat dan terdapat masalah dalam komponen brand image. Tujuan Penelitian untuk menganalisis hubungan persepsi brand image dengan sikap kunjungan ulang pasien. Penelitian ini merupakan kuantitatif analitik dengan studi cross sectional. Populasi terdiri dari seluruh pasien. Sampel yang diambil sebesar 67 responden dengan teknik Systematic Probability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan yaitu bulan April sampai Juni. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil uji analisis statistik Rank Spearman’s didapatkan nilai signifikasi atau Sig.(2-tailed) sebesar (0,005 < 0,05). Berdasarkan hasil uji tersebut Ha yang dirumuskan diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan. Simpulan yang ditarik yaitu terdapat hubungan antara persepsi brand image dengan sikap kunjungan ulang pasien pelayanan rawat jalan. Saran yang direkomendasikan adalah mempertahankan brand image, evaluasi manajemen dan petugas kesehatan, dan memperbaiki serta menambah fasilitas.

Published

2022-07-06

How to Cite

Angga Delima Sari, Satriya Wijaya, & Mursyidul Ibad. (2022). Hubungan Persepsi Brand Image dengan Sikap Kunjungan Ulang Pasien Pelayanan Rawat Jalan di Poli Spesialis Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Babat. Window of Public Health Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.33096/woph.v3i1.339

Issue

Section

Articles