Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v3i3.24Keywords:
Bauran pemasaran, Pemanfaatan, Rumah sakitAbstract
Beragamnya kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa kesehatan maka pihak rumah sakit berlomba-lomba semaksimal mungkin untuk melayani konsumen. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai salah satu tujuan pemasaran yaitu memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pengonsumsi serta mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan dari bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan pemanfaatan layanan kesehatan pada pasien rawat inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 2,060. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 198 Responden. Metode analisis data menggunakan Univariat dan Bivariat dengan uji Chi-square pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada hubungan antara bauran Produk (p=1,000), Price (p=1,000), Place (p=1,000) dan Customer service (p=0,343). Sedangkan ada hubungan antara promotion (p=0,001), people (p=0,002), proses (p=0,000), dan physical evidence (p=0,000) dengan pemanfaatan layanan kesehatan pada pasien rawat inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar pada tahun 2022. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara bauran produk, price, place, dan customer service tetapi terdapat hubungan antara bauran promotion, people, proses, dan physical evidence.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annisa Amalia, Haeruddin, Nurbaety
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.