Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Peserta JKN-KIS Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.33096/woph.v2i3.211Keywords:
Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, JKN-KISAbstract
Salah satu institusi pelayananan kesehatan yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat pengguna JKN-KIS adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Berdasarkan pengambilan data awal pada tahun 2017 jumlah kunjungan pasien rawat inap sebanyak 11.957 orang, pada tahun 2018 jumlah kunjungan pasien rawat inap sebanyak 13.766 orang dan pada tahun 2019 jumlah kinjungan pasien rawat inap sebanyak 11.714 orang. Jenis peneltian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner. Analisi data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil analisis uji chi-square dengan α=0,05 menunjukkan bahwa nilai p-value untuk Aspek fisik p=0,006, Realibilitas p=0,169, Interaksi Personal p=0,643, Pemecahan Masalah p=0,055, Kebijakan p=1,000 dengan kepuasan pasien. Dari hasil penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa aspek fisik memiliki hubungan dengan kepuasan pasien, sedangkan realibilitas,interaksi personal, pemecahan masalah ,dan kebijakan tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian yaitu mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dengan menggunkan lima dimensi. Saran dari penelitian ini kepada petugas kesehatan untuk menjelaskan informasi dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh keluarga pasien dan memiliki sikap respek (sopan) terhadap keluhan pasien.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Mutmainna, Nurfardiansyah Bur, Nurbaeti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.