Gambaran Persepsi Penerapan Patient Safety Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr.Tadjuddin Chalid

Authors

  • Nur Fadilla Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Wardiah Hamzah Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.198

Keywords:

Patient safety, kepuasan pasien

Abstract

Dewasa ini Patient safety menjadi spirit dalam pelayanan rumah sakit dimana merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan di rumah sakit dan hal ini terkait dengan isu mutu dan citra rumah sakit. Pasien merasakan puas ketika mendapat kualitas dan fasilitas lingkungan fisik yang baik sehingga pasien ingin kembali mengunjungi rumah sakit saat membutuhkan pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi penerapan patient safety terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar, Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap pada bulan April-Juni 2020 sebanyak 788 orang dan didapatkan sampel penelitian sebanyak 61 orang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan angket analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sebanyak 33 pasien (54.1%) yang menyatakan penerapan patient safety tergolong baik. Di umur 26-45 tahun dan 46-65 tahun masing-masing 13 pasien (21.3%) yang menyatakan puas. Sebanyak 16 pasien (26.2%) pria lebih merasa puas. Sebanyak 24 pasien (39.3%) non perguruan tinggi lebih menyatakan puas dibanding dengan pasien yang pendidikan perguruan tinggi. Sebanyak 17 pasien (27.9%) yang tidak bekerja menyatakan puas dibanding dengan pasien yang bekerja. Sebanyak 31 pasien (50.8%) diantaranya merasa puas dengan penerapan patient safety di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Adapun saran yang ingin disampaikan peneliti yaitu diharapkan penerapan patient safety lebih ditingkatkan lagi untuk membuat pasien lebih puas dengan penerapan patient safety yang ada di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar.

Author Biographies

Nurmiati Muchlis, Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

Pembimbing 1

Wardiah Hamzah, Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

Pembimbing 2

Published

2022-12-30

How to Cite

Nur Fadilla, Nurmiati Muchlis, & Wardiah Hamzah. (2022). Gambaran Persepsi Penerapan Patient Safety Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr.Tadjuddin Chalid. Window of Public Health Journal, 3(6), 1177–1189. https://doi.org/10.33096/woph.v3i6.198

Issue

Section

Articles