Identifikasi Mikroplastik Pada Air PDAM Yang Dikonsumsi Oleh Masyarakat Di Kelurahan Pampang Kota Makassar

Authors

  • Arsystry Firdani Universitas Muslim Indonesia
  • Abd. Gafur Universitas Muslim Indonesia
  • Alfina Baharuddin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.1877

Keywords:

Mikroplastik, Air PDAM, Kelimpahan, Kelurahan Pandang

Abstract

Laut Indonesia kini tengah menghadapi krisis darurat akibat dampak serius dari masalah sampah plastik. Sebagai kontributor sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China, Indonesia menyumbang 0.48-1.29 juta ton dari total 4.8-12.7 juta ton sampah plastik yang mencemari laut secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan mikroplastik pada air PDAM yang dikonsumsi oleh masyarakat di Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pengambilan sampel pada 8 titik lokasi berdasarkan jumlah RW yang ada di Kelurahan Pampang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel air PDAM yaitu menggunakan botol yang diisi sebanyak 600 ml lalu sampel dimasukkan ke dalam ice box dan diberi label pada botol yang sudah diisi. Identifikasi kelimpahan, bentuk, warna dan ukuran dilakukan dengan menggunakan mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelimpahan mikroplastik pada air PDAM di Kelurahan Pampang secara total yaitu mencapai 9,167 item/L, mikroplastik yang banyak ditemukan adalah line yang didominasi dengan warna biru. Masyarakat Kelurahan Pampang yang mengonsumsi air PDAM diharapkan agar lebih memperhatikan kualitas air yang dikonsumsi. Sebaiknya, menggunakan alat filtrasi dan menjaga kebersihan wadah penampungan.

 

References

Seftianingrum B, Hidayati I, Zummah A. Identifikasi Mikroplastik pada Air, Sedimen dan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Sungai Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. J Pendidik Sains Biol. 2023;10(1).

Yusron M, Jaza MA. Analisis Jenis dan Kelimpahan Mikroplastik serta Pencemaran Logam Berat pada Hulu Sungai Bengawan Solo. Environ Pollut J. 2021;1(1).

Fathulloh MZ, Minanurrohman MR, Mahmudah R, Islam U, Maulana N, Ibrahim M. Identikasi Kelimpahan Mikroplastik Air Kawasan Kanal Mangetan, Anak Sungai Brantas Kabupaten Sidoarjo. Environ Pollut J. 2021;1(November):208–16.

Safitri TAN. Identifikasi Jenis dan Kelimpahan Mikroplastik pada Perairan di Sulawesi Tengah. Environ Pollut J. 2023;3(1).

Hartini ASA, Dewi RS. Identifikasi Kandungan Mikroplastik pada Ikan dan Air Hilir Sungai Brantas. Environ Pollut J. 2021;1(2).

Sholichah LM, Farid A, Aprilianti R. Identiifkasi Kelimpahan Mikroplastik pada Air Permukaan Outlet Limbah Pabrik Kertas di Hilir Sungai Brantas. Environ Pollut J. 2023;3(2):683–92.

Firmansyah YW, Fuadi MF, Ramadhansyah M, Sugiester F, Widyantoro W, Lewinsca MY, et al. Keberadaan Plastik di Lingkungan , Bahaya terhadap Kesehatan Manusia , dan Upaya Mitigasi : Studi Literatur. Serambi Eng. 2021;6(4):2279–85.

Supit A, Tompodung L, Kumaat S. Mikroplastik sebagai Kontaminan Anyar dan Efek Toksiknya terhadap Kesehatan. J Kesehat. 2022;13(1).

Prananda AVA. Identifikasi Jenis dan Kelimpahan Mikroplasttik pada Perairan Provinsi Maluku. Environ Pollut J. 2022;2(3).

Azhari AN. Identifikasi Keberadaan Mikroplastik pada Air PDAM Kota Makassar. Skripsi Fak Kesehat Masyarakat Univ Hasanuddin. 2023;

Nurazizah. Identifikasi Keberadaan Mikroplastik pada Unit Pengolahan PDAM Gowa Instalasi Kota Kecamatan Borongloe. Skripsi Lingkungan Fak Tek Univ Hasanuddin. 2022;

Syarif M. Identifikasi Mikroplastik pada Air Minum Isi Ulang di Kelurahan Tamangapa Kota Makassar. Skripsi Fak Kesehat Masyarakat Univ Hasanuddin. 2021;

Mar’atusholihah, Trihadiningrum Y, Radityaningrum AD. Kelimpahan dan Karakteristik Mikroplastik pada IPAM Karangpilang III Kota Surabaya. J Tek ITS. 2020;9(2).

Protection G of E on the SA of ME. Guidelines for the Monitoring and Assessment of Plastic Litter in the Ocean. 2019.

Adila IS. Analisis Kandungan Mikroplastik pada Sedimen Pantai Sukaraja Kota Bandar Lampung. Skripsi Fak Tarbiiyah dan Keguruan Univ Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2021;

Daud A, Birawida AB, Gafur A, Dullah AAM. Perspektif Remediasi Dan Eliminasi Mikroplastik Pada Rantai Makanan. Makassar: PT. Nas Media INdonesia; 2023. 368 p.

Published

2024-06-30

How to Cite

Firdani, A., Abd. Gafur, A. G., & Alfina Baharuddin, A. B. (2024). Identifikasi Mikroplastik Pada Air PDAM Yang Dikonsumsi Oleh Masyarakat Di Kelurahan Pampang Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 5(3), 341–349. https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.1877

Issue

Section

Articles