Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi Pada Pekerja PT. Industri Kapal Indonesia

Authors

  • Sitti Aisya Universitas Muslim Indonesia
  • Yuliati Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Ulmy Mahmud Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

hipertensi, Indeks massa tubuh, Umur, Riwayat penyakit, Merokok, Kopi

Abstract

Data profil kesehatan menemukan prevalensi hipertensi di Sulawesi Selatan sebesar 28,1% dimana Kota Makassar terdapat 13,28%. Pekerja lapangan memiliki tingkat risiko terpajan penyakit lebih besar daripada pekerja kantoran. Data dari pusat pelayanan kesehatan PT IKI menemukan pekerja yang datang di klinik Sebagian besar didominasi oleh pekerja dengan keluhan hipertensi yang berasal dari beberapa unit kerja yang spesifik pada pekerja lapangan seperti bengkel fabrikasi, bengkel sarana, bengkel pipa dan bengkel listrik kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan hipertensi pada pekerja di PT Industri Kapal Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 50 orang. Data diambil dengan menggunakan kuesioner selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji Chi-square pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh ada hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) (ρ=0,000), sedangkan tidak ada hubungan antara antara umur (ρ=0,414), Riwayat penyakit (ρ=Nd), Kebiasaan merokok (ρ=0,399), dan konsumsi kopi (ρ=0,334) dengan hipertensi dengan hipertensi pada pekerja di PT Industri Kapal Indonesia. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk lebih dapat menganalisa secara mendalam mengenai faktor yang berhubungan dengan hipertensi dengan sasaran yang lebih luas.

References

Sihotang M, Elon Y. Hubungan aktivitas fisik dengan tekanan darah pada orang dewasa. Chmk Nursing Scientific Journal. 2020 Apr 20;4(2):199-204.

Shobriana D, Purnama D, Susanti RD. Hypertension Health Education to Revitalize Non-Communicable Diseases. Asian Community Health Nursing Research. 2023 Apr 14:9-.

Ostchega Y, Fryar CD, Nwankwo T, Nguyen DT. Hypertension prevalence among adults aged 18 and over: United States, 2017–2018.

Ayukhaliza DA. Faktor Risiko Hipertensi di Wilayah Pesisir (Studi Pada Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tanjung Tiram) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Sarumaha EK, Diana VE. Faktor risiko kejadian hipertensi pada usia dewasa muda di UPTD Puskesmas Perawatan Plus Teluk dalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Kesehatan Global. 2018 Dec 11;1(2):70-7.

Azhar I. Gambaran karakteristik pasien hipertensi di Puskesmas Gamping I Sleman Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta. 2017.

Nastiti WN. Hubungan Aktivitas Fisik, Merokok, dan Riwayat Penyakit Dasar Dengan Kejadian Hipertensi Pada Kelompok Usia 20-44 Tahun (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember).

Azzubaidi SB, Rachman ME, Muchsin AH, Nurmadilla N. Hubungan Tekanan Darah dengan IMT (Indeks Massa Tubuh) pada Mahasiswa Angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran. 2023 Feb 1;3(1):54-61.

Didik WN. Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Tekanan Darah Pada Anggota Prolanis di Puskesmas Simo Kecamatan Balerejo (Doctoral dissertation, STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun).

Irani DU. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada pekerja sektor informal di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Jagakarsa Tahun 2022 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-FIKES).

Himawan AR. Hubungan Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Kopi dengan Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Yang Bekerja di Instansi Pemerintahan Kabupaten Bantul Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Alma Ata Yogyakarta).

Suryawan ZF. Analisis faktor yang berhubungan dengan hipertensi pada remaja (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Purba MS. Skripsi Literature Review: Hubungan Tindakan Hemodialisa Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Penyakit Gagal Ginjal Kronik.

Sari IN. Pengaruh Pemberian Jus Buah Pepaya Masak dan Madu Terhadap Tekanan Darah Dan Denyut Nadi Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Karanrayung I (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

SIMBOLON FN. Gambaran Karakteristik Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Umum Full Bethesda Medan Tahun 2021.

Fawaid SM, Syaid A, Cahyono HD. Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Hipertensi Pada Pra Lansia di Puskesmas Sumbersari (Doctoral dissertation, Universitas dr. SOEBANDI).

Qorina S, Birwin A, Alnur RD. Determinan Kejadian Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Tamansari Kota Jakarta Barat. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan). 2023 May 26;10(1):1-6.

Kartika M, Subakir S, Mirsiyanto E. Faktor-Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Sungai Penuh Tahun 2020. Jurnal Kesmas Jambi. 2021 Mar 23;5(1):1-9.

Sihombing EP, Hidayat W, Sinaga J, Nababan D, Sitorus ME. Faktor Risiko Hipertensi. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2023 Dec 20;7(3):16089-105.

Siringo-ringo R, Ardiani F, Siagian A. Gambaran kebiasaan minum kopi dan tuak serta merokok pada penderita hipertensi rawat jalan di Puskesmas Sumbul Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Tahun 2017. Skripsi. University of North Sumatra. 2018.

Published

2024-06-30

How to Cite

Sitti Aisya, Yuliati, & Nur Ulmy Mahmud. (2024). Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi Pada Pekerja PT. Industri Kapal Indonesia. Window of Public Health Journal, 5(3), 359–370. Retrieved from https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/1798

Issue

Section

Articles