Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep

Authors

  • Faradiba Syaifuddin Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa
  • A. Rizki Amelia Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesa

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v2i3.175

Keywords:

Kualitas pelayanan, Minat kembali, Rumah sakit

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan dan sesuai dengan standart dan kode etik profesi. Semakin tinggi tingkat kepuasan pasien menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit semakin baik. Jika pasien puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit, maka akan semakin tinggi minat kunjung ulang pasien. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan minat kembali pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh pasien rawat inap kunjungan lama di rumah sakit Batara Siang Pangkep sebanyak 1412 orang. Besar sampel yang digunakan adalah 93 responden. Data diperoleh menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan kuesioner dan yang kembali dan terisi dengan benar hanya 62 kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan Ï < 0,05. Hubungan Keandalan (Reliability), Hubungan Daya Tanggap (Responsiveness), Hubungan Empati (Emphaty), Hubungan Bukti Fisik (Tangible) Terhadap Minat Berkunjung kembali di Ruang Rawat Inap RSUD Batara Siang Pangkep menunjukan bahwa ada hubungan beberapa variabel diatas terhadap Minat Berkunjung kembali di Ruang Rawat Inap RSUD Batara Siang Pangkep, kecuali dari variabel Hubungan Jaminan (Assurance) menunjukkan bahwa jaminan tidak berhubungan secara signifikan dengan minat kembali di Ruang Inap RSUD Batara Siang Pangkep. Saran dalam penelitian ini adalah kepada Rumah Sakit serta tenaga kesehatan (dokter, perawat, bidan) agar mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pasien puas dengan pelayanan.

Published

2021-06-30

How to Cite

Faradiba Syaifuddin, & A. Rizki Amelia. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Window of Public Health Journal, 2(3), 415–424. https://doi.org/10.33096/woph.v2i3.175

Issue

Section

Articles