Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Buruh Pengangkut Di Pabrik Gula Arasoe PT. Perkebunan Nusantara XIV Kabupaten Bone

Authors

  • Nur Fadilla Ananda Putri Universitas Muslim Indonesia
  • Ayu Puspitasari Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Ulfah Mutthalib Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Keluhan muskuloskeletal, Buruh, Kekuatan fisik, Suhu, Kebiasaan merokok

Abstract

Keluhan muskuloskeletal (MSDs), merupakan Keluhan bagian otot rangka, manusia mengalami gangguan dari sangat ringan hingga sangat menyakitkan. Penyakit muskuloskeletal yang umum dialami pekerja industri adalah nyeri pergelangan tangan, nyeri leher, nyeri punggung, dan nyeri pada siku dan kaki. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja buruh pengangkut di pabrik gula arasoe PT. Perkebunan Nusantara XIV Kabupaten Bone. Pada penelitian ini, merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh buruh pengangkut pada bagian gudang di pabrik gula arasoe PT. Perkebunan Nusantara Kabupaten Bone dengan sampel penelitian sebanyak 40 orang yang diambil dengan menggunakan metode total sampling. Data diperoleh dari hasil pembagian kuesioner dan wawancara dengan responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic Chi-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 variabel yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal,  yaitu kekuatan fisik (p=0,000), suhu (p=0,000), dan aktivitas berulang (p=0,011). sedangkan yang tidak berhubungan, yaitu kebiasaan merokok (p=0,259).

References

Setiorini A. WAS (Ovako Work Analysis System). J Kedokt Univ Lampung. 2020;4(2):197–204.

Mardiyanti F. Pengukuran Risiko Kerja dan Keluhan Muskuloskeletal pada Pekerja Pengguna Komputer. J Innov Res Knowl. 2021;1(3):333–46.

Budiarti E, Kamelia E, Nugroho C. Hubungan antara Karakteristik Individu dengan Keluhan Muskuloskeletal Petugas Kesehatan Gigi Di Puskesmas Kota Tasikmalaya. J Kesehat Gigi. 2021;8(1):37–42.

WHO. Musculoskeletal Health. World Heal Organ. 2022;

International Labour Organization. ILO Supports Inclusion of Musculoskeletal Disorders Into The List of Occupational Diseases in China. China and Mongolia: ILO; 2022.

Wahyuni CA. Hubungan Kesegaran Jasmani dan Sikap Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Pengrajin Manik Kaca di Jombang. J Keperawatan Muhammadiyah. 2019;4(2).

Ramayanti AD, Koesyanto H. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Konveksi. Indones J Public Heal Nutr. 2021;1(3):472–8.

Kemenkes RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Laporan Provinsi Sulawesi Selatan RISKESDAS 2018. 2019;

Syahrim WEP, Azhar MU, Risnah R. Efektifitas Latihan ROM Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot pada Pasien Stroke: Study Systematic Review. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2019;2(3):186–91.

Tengger BA, Ropiudin R. Pemanfaatan Metode Kalman Filter Diskrit untuk Menduga Suhu Udara. Sq J Math Math Educ. 2019;1(2):127–32.

Khofiyya AN, Suwondo A, Jayanti S. Hubungan Beban Kerja, Iklim Kerja, dan Postur Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal pada Pekerja Baggage Handling Service Bandara (Studi Kasus di Kokapura, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang). J Kesehat Masy. 2019;7(4):619–25.

Raya RI, Yunus M, Adi S. Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dan Masa Kerja dengan Prevalensi dan Tingkatan Low Back Pain pada Pekerja Kuli Angkut Pasir. Sport Sci Heal. 2019;1(2):102–9.

Hudriah E, Suharni S, Kalla R, Haeruddin H, Mahmud AU, Baharuddin A. Analisis Hubungan Kejadian Musculoskeletal Disorders (MSDS) pada Pekerja Buruh di PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) Kabunpaten Dompu NTB 2022. J Muslim Community Heal. 2023;4(3):134–44.

Utami WW, Astuti R, Prasetio DB. Hubungan Beban Kerja dan Karakteristik Individu dengan Kadar Asam Laktat pada Pekerja Angkat Angkut di Tempat Pelelangan Ikan Kabupaten Rembang. Pros Semin Nas Unimus. 2022;5.

Maudy CK, Ruliati LP, Doke S. Keluhan Musculoskeletal Disorders dan Kelelahan Kerja pada Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Tenau. Media Kesehat Masy. 2021;3(3):312–21.

Published

2024-06-30

How to Cite

Ananda Putri, N. F., Ayu Puspitasari, & Nurul Ulfah Mutthalib. (2024). Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Buruh Pengangkut Di Pabrik Gula Arasoe PT. Perkebunan Nusantara XIV Kabupaten Bone . Window of Public Health Journal, 5(3), 371–378. Retrieved from https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/1626

Issue

Section

Articles