Faktor Yang Berhubungan Dengan MSDs Pada Pegawai Di PT PLN ULP Panakkukang Makassar Selatan

Authors

  • Firka Wafiq Nurul Haq Universitas Muslim Indonesia
  • Ikhram Hardi S Universitas Muslim Indonesia
  • Mansur Sididi Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Ulmy Mahmud Universitas Muslim Indonesia
  • Chaeruddin Hasan Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v2i6.1395

Keywords:

Muscoloskeletal disorder, Pegawai, Postur kerja

Abstract

Keluhan sistem musculoskeletal atau diistilahkan dengan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) adalah masalah ergonomi yang sering dijumpai ditempat kerja. Seperti pada pekerja yang menerima beban statis secara berulang dalam waktu yang lama dapat menyebabkan suatu keluhan pada bagian otot-otot skeletal, keluhan sangat ringan sampai dengan keluhan berat. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan keluhan MSDs pada Pegawai yang menggunkan Personal computer di PT PLN ULP Panakukkang Makassar Selatan Tahun 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Jumlah populasi 44 orang dengan metode menggunakan total sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM). Data analisis menggunakan uji statistik Chi- Square pada tingkat kepercayaannya 95% (α=0,05). Hasil Penelitian diperoleh bahwa dari lima variabel diteliti terdapat tiga variabel yang tidak berhubungan Musculoskeletal Disorders (MSDs) yaitu umur (p=0,457), IMT (p=0,413) dan masa kerja (p=0,859), postur kerja (p=0,084). Sedangkan variabel lama kerja (p=0,020) memiliki hubungan dengan keluhan musculoskeletal disorders pada Pegawai yang menggunakan Personal Komputer di PT PLN ULP Panakukkang Makassar Selatan. Untuk mencegah terjadinya Musculoskeletal Disorders (MSDs), agar memberikan training mengenai ergonomik untuk memperhatikan posisi kerja yang ergonomis ketika sedang melakukan pekerjaan. 

References

Tarwaka, Bakri S. Ergonomi Industri : Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. 2nd Ed. Harapan Press Surakarta; 2014.

Antara H, Kerja P, Keluhan D, Pada M, Larenggam AK, Kawatu PAT, Et Al. Hubungan Antara Posisi Kerja Dengan Keluhan Mukuloskeletal Pada Nelayan Di Desa Alo Utara Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Kesmas. 2018;7(4).

Evadarianto N. Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Pekerja Manual Handlingbagian Rolling Mill. Indones J Occup Saf Heal. 2017;6(1):97.

Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI. 2018;53(9)

Triastuti D, Afni N, Reza A, Chairin A. Kerja Bongkar Muat.2018 :153–64.

Published

2021-12-30

How to Cite

Firka Wafiq Nurul Haq, Ikhram Hardi S, Mansur Sididi, Nur Ulmy Mahmud, & Chaeruddin Hasan. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan MSDs Pada Pegawai Di PT PLN ULP Panakkukang Makassar Selatan. Window of Public Health Journal, 2(6), 1068–1080. https://doi.org/10.33096/woph.v2i6.1395

Issue

Section

Articles