Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Berkunjung Kembali Pada Pasien Di RSIA Permata Hati Makassar

Authors

  • Husnul Ayu Amalia Universitas Muslim Indonesia
  • Arni Rizqiani Rusydi Universitas Muslim Indonesia
  • Ella Andayanie Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1324

Keywords:

Hubungan, Minat, Kembali

Abstract

Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakuka pembelian ulang produk yang telah dibeli sebelumnya. Pelanggan secara sadar dan tidak sadar akan mengevaluasi transaksi yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah 216. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode acak atau disebut juga dengan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 pasien. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh adanya hubungan antara minat kembali dengan persepsi (p = 0,018 < 0,05), kondisi demografi (p = 0,000 < 0,05), dorongan keluarga (p = 0,000 < 0,05), petugas kesehatan (p = 0,000 < 0,05), promosi (p = 0,001 < 0,05).  

References

Habibi A, Hakim F, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. 2019;4(2).

Rahmiati, Temesveri NA. Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. J Kesehat. 2020;13(1):13–21.

Handayani TWT, Hartono B, Zainal A, Ennimay, Satria EA. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pengalaman Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Permata Hati Kecamatan Mandau Tahun 2022. 2022;22(3):2312–7.

Yeta MD, Umair Z, Silaen M. Faktor Penentu Minat Berkunjung Ulang di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Neurologi RSUD DR. Pirngadi Koda Medan. 2020;1(5).

Hamidiyah A. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tanggerang. 2013; Available from: https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Syaifuddin. Article history DOI: 2021;2(2):2–4.

Henny S. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang di Klinik SPOG Rumah Sakit DR.Pirngadi Medan Tahun 2016. Vol. 87. 2016.

Toding E, Palutturi S, Nurhayani. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Minat Kembali Pasien rawat RSIA Elim Makassar. 2015;1–14.

Hayati M, Sulistiadi W. Rumah Sakit Syariah Strategi Pemasaran Vs Syiar Syariah Hospital Marketing Strategy Vs Syiar. J Adm Rumah Sakit. 2018;Vol 5 Nomo:30–6.

Mangera N, Haniarti, Rusman ADP. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Rsud Andi Makkasau Kota Parepare. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2019;2(3):388–400.

Putri CCP, Jong MTT, Bernarto I. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pemilihan Tempat Persalinan Pasien Poliklinik Kesehatan Ibu Dan Anak Di Klinik Keluarga Pisangan Baru, Jakarta. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm Manaj Bisnis dan Inov Univ Sam Ratulangi). 2021;8(1):128–40.

Nizar MM. Peran Petugas Kesehatan Puskesmas Lumbung dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Ibu Mengenai Pemberian Imunisasi Bayi di Desa Darmaraja Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. 2017;31–42.

Bakri AAM, Ahri RA, Batara AS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap. J Muslim Community Heal [Internet]. 2022;3(4):1–15. Available from: http://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1170%0Ahttp://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/download/1170/1310

Nduru DLP, Wau H, Manalu P. Kualitas Pelayanan Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sriratu Medan. 2019;5(2):67–75.

Ilmayanti. Pemanfaatan pelayanan kesehatan poli interna di rsup dr. tadjuddin chalid kota makassar. 2022;3(4):2893–902.

Rahayu U, Martini NNP, Susbiyani A. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan citra Rumah Sakit terhadap minat kunjung Kembali Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Rumah Sakit Paru Jember. 2022;1–15.

Oktarianita, Febriawati H, Kurniawan D. Hubungan Strategi Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. M. Yunus Prrovinsi Bengkulu. 2020;15(3):158–224.

Yasni Y, Narmi, Putri LAR. Hubungan Marketong Mix terhadap Kunjungan Ulang Pasien. Keperawatan. 2020;04(02):22–35.

Published

2023-12-30

How to Cite

Amalia, H. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Berkunjung Kembali Pada Pasien Di RSIA Permata Hati Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 968–977. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1324

Issue

Section

Articles