Faktor Yang Berhubungan Dengan Konjungtivitis Iritan Pada Pekerja Bagian Pengelasan Di PT. IKI (Persero)

Authors

  • Siti Nurhalizah FKM UMI
  • Nasruddin Syam Kesehatan Masyarakat
  • Ulfa Sulaeman Kesehatan Masyarakat

Keywords:

Konjungtivitis Iritan, Pekerja, Pengelasan

Abstract

Industri pengelasan merupakan tempat kerja yang berisiko tinggi menyebabkan gangguan kesehatan dan kelelahan kerja. Asap pengelasan terdapat kandungan debu dan gas, kandungan inilah yang nantinya dapat menimbulkan beberapa gangguan seperti konjungtivitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan konjungtivitis iritan pada pekerja bagian pengelasan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic Chi-Square. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian pengelasan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Kota Makassar. Sampel penelitian adalah seluruh pekerja bagian pengelasan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Kota Makassar yang berjumlah 40 pekerja yang diambil menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara paparan asap las (p=0,000), penggunaan APD (p=0,025) dengan konjungtivitis iritan dan tidak ada hubungan yang signifikan pengetahuan (p=0,509) dengan konjungtivitis iritan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara paparan asap las, penggunaan APD dengan konjungtivitis iritan pada pekerja bagian pengelasan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Kota Makassar.

References

Hardiyan R, Sukmono Y, Tambunan W. Hubungan Pengetahuan, Pelatihan, Penggunaan APD dan Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Kecelakaan Kerja pada Proses Pengelasan di PT. Barokah Galangan Perkasa. J Ind Manuf Eng. 2021;5(1):56.

Suheri Jumartika, Gafur A, Rahman. Analisis Risiko pada Pekerja Pengelasan (Welding) di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Kota Makassar. Wind Public Heal J. 2021;329.

Permatasari G, Setiadi G, Arifin A. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kenyamanan Pekerja dengan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Bengkel Las Listrik Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten HSU Tahun 2016. J Kesehat Lingkung J dan Apl Tek Kesehat Lingkung. 2017 Jan 2;14(1):383.

Andika R, Eti Kurniawati, Parman. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Mata pada Pekerja Bengkel Las di Kecamatan Jelutung Kota Jambi 2021. J Ilm Mns dan Kesehat. 2022 Jan 5;5(1):529–36.

BPJS K. Info BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 2018.

Abdurrauf M. Memutus Mata Rantai Penularan Konjungtivitis Bakteri Akut. Idea Nurs J. 2016;7(3):62.

Husaini H, Setyaningrum R, Saputra M. Faktor Penyebab Penyakit Akibat Kerja pada Pekerja Las. Media Kesehat Masy Indones. 2017;13(1).

Qolik A, Yoto Y, Basuki B, Sunomo S, Wahono W. Bahaya Asap dan Radiasi Sinar Las terhadap Pekerja Las di Sektor Informal. J Tek Mesin dan Pembelajaran. 2018 Jan 1;1(1):1.

Susanto E. Perbedaan Gejala Konjungtivitis pada Karyawan Terpapar Debu Batubara di Atas NAB dan di Bawah NAB di PT. Indo Acidatama Tbk Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar. 2017;

Wahyuni T. Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Konjungtivitis Pada Pekerja Pengelasan Di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. J Kesehat Masy Univ Diponegoro. 2012;2(1).

Permenakertrans. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri. 2010.

Anastasia HE, Puspita A. Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Konjungtivitis pada Pekerja Bengkel Las Wilayah Simpang Kawat Kota Jambi Tahun 2017. J Ilm Ilmu Kesehat Wawasan Kesehat. 2018;5(1).

Ulfa R, Syam N, Batara AS, Hidayat, Amelia R. Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Fak Kesehat Masy Univ Indones. 2023;4(2):179–86.

Indrawati R, Ratnawati GJ. Jurnal Laboratorium Khatulistiwa. J Lab Khatulistiwa. 2017;1(1):58–66.

Putra FI, Marisdayana R, Wuni C. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Konjungtivitis pada Pekerja Bengkel Las di Kecamatan Kotabaru Jambi Tahun 2021. Galen J Kedokt dan Kesehat Mhs Malikussaleh. 2022;1(4):84.

Hapsoro AA. Pengaruh Pemakaian Kacamata Las Terhadap Keluhan Penglihatan Pada Pekerja Las Karbit Di Wilayah Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. 2012;1–43.

Nurmianto, Eko. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi ke 2. Surabaya Guna Widya. 2004

Suherni S, Syukri M, Noerjoedianto D, Aswin B. Determinan Keluhan Konjungtivitis pada Pekerja Las di Kecamatan Jelutung Kota Jambi. J Kesmas Jambi. 2021 Mar;5(1):21–7.

Widada A, Rizki R, Sari AK. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Keluhan Penglihatan pada Pekerja Bengkel Las Kota Bengkulu. 2020;12(2).

Published

2024-04-30

How to Cite

Siti Nurhalizah, Nasruddin Syam, & Ulfa Sulaeman. (2024). Faktor Yang Berhubungan Dengan Konjungtivitis Iritan Pada Pekerja Bagian Pengelasan Di PT. IKI (Persero). Window of Public Health Journal, 5(2), 288–294. Retrieved from https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/1285

Issue

Section

Articles