Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSIA Permata Hati Kota Makassar

Authors

  • Anggie apriliani Universitas Muslim Indonesia
  • Arni Rizqiani Rusyidi Universitas Muslim Indonesia
  • Septiyanti Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.1047

Keywords:

Reliability, Assurance, Tangibles, Empati, Responsif

Abstract

Kualitas dalam pelayanan kesehatan adalah sebuah konsep manajemen berfokus konsumen yang inovatif dan partisipatif yang mempengaruhi setiap individu dalam organisasi dan kualitas dapat bertahan melalui transformasi budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 pasien. Teknik pengambilan sampel yaitu metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 pasien. Metode analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan reliability dengan Kualitas Pelayanan (p=0,023 < 0,05), assurance dengan Kualitas Pelayanan (p=0,029 < 0,05), tangibles dengan Kualitas Pelayanan (p=0,003 < 0,05), empathy dengan Kualitas Pelayanan (p=0,008 < 0,05) dan responsiveness dengan Kualitas Pelayanan (p=0,003 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan reliability, assurance, tangibles, empathy dan responsiveness dengan Kualitas Pelayanan pada apasien di RSIA Permata Hati Makassar.

References

Dwiningrum, S. I. A. Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Dekadensi Jati Diri Bangsa Dalam Tantangan Revolusi 4.0. Pacitan, 22 Desember 2018, 1.

Dewi, Ritna Rahmawati. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Manajemen Dayasaing. 2017; 18(2):146. doi: 10.23917/dayasaing.v18i2.4511.

Harfika, J., & Abdullah, N. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal. 2017; 14(01).

Batter, S. R., & Alwi, M. K. Pengaruh Persepsi Pasien Umum Kelas Iii Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Di Instalasi Rawat Inap Rs Ibnu Sina Ybw-Umi Makassar Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis. 2019;14(2), 156-159.

Kosnan, W. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi. 2020;21(4).

Gunawan, R. I., Moeljadi, M., & Aisjah, S. Pengaruh Orientasi Pasar dan Kompetensi Sumberdaya Manusia Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2017;5(1), 22-31.

Wididana, K. B. S. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepercayaan pasien rumah sakit umum shanti graha buleleng. Jurnal Ekonomi & Bisnis Jagaditha. 2016;3(1), 78-93.

Fitriyanah, E., & Utomo, T. P. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Unit Rawat Inap Kelas 3 RSUD Dr. H Soewondo Kendal. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2017;9(2). 25-27.

Azwar, Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. 1996;8(4). 40-45.

Rasinah, R., Astutiningrum, D., & Mastuti, S. Peranan Dimensi Kualitas Pelayanan Dalam Mendukung Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. 2022;18(1), 71-79.

Saputra, A., & Ariani, N. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal (BNJ). 2019;1(1), 48-60.

Detty, A. U. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap Dan Ruang Operasi Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2018. J. Ilmu Kedokt. Dan Kesehat,. 2020;7, 92-27.

Agustian, A., Mita, M., & Yulanda, N. A. Penerapan Metode Service Exellent Dan Service Quality Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Diruang Rawat Inap Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal ProNers. 2018;6(1). 2-4.

Praramadhani, N., & Susilawati, S. Perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan unit rawat inap. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. 2022; 1(5), 427-433.

Amiroh, H. H., Khotimah, H., & Andayani, S. A. Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Terakreditasi Dasar dan Terakreditasi Madya. Jurnal Kesehatan Primer. 2020;5(1), 34-47.

Published

2024-06-30

How to Cite

Anggie apriliani, Arni Rizqiani Rusyidi, & Septiyanti. (2024). Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSIA Permata Hati Kota Makassar . Window of Public Health Journal, 5(3), 424–432. https://doi.org/10.33096/woph.v5i3.1047

Issue

Section

Articles