Pengaruh Safety Talk Terhadap Perilaku Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pekerja PT. Pelindo Terminal II

Authors

  • Deitra Qharizah Ananda Universitas Muslim Indonesia
  • Abd. Gafur Universitas Muslim Indonesia
  • Mansur Sididi Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1025

Keywords:

Perilaku K3, Safety talk, Pekerja

Abstract

Upaya penerapan K3 salah satunya adalah dengan pelaksanaan safety talk. Safety talk merupakan pemberian materi perilaku selamat, diharapkan para pekerja dapat mengetahui tentang standar kesehatan di tempat kerja dan persyaratan keselamatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh safety talk terhadap perilaku kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerja PT. Pelindo Terminal Petikemas New Makassar Terminal II. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 107 pekerja di PT. Pelindo Terminal Petikemas New Makassar Terminal II. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan uji chi-square. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh antara penerapan safety talk terhadap perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (nilai p value = 0,000), ada pengaruh antara metode safety talk terhadap perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (nilai p value = 0,000), ada pengaruh antara pelaksana safety talk terhadap perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (nilai p value = 0,000). Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh safety talk terhadap perilaku pekerja pada PT. Pelindo Terminal Petikemas New Makassar Terminal II. Adapun saran dari hasil penelitian yaitu diharapkan para pekerja untuk selalu mengikuti pelaksanaan safety talk sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai dengan kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja.

References

Soeprapto EF, Cahyadi D, Nizaora D. Pengantar Budaya K3. 1st ed. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi; 2021.

International Labour Organization. An introduction to the standards-related work of the International Labour Organization. 2019.

Mairing C, Wirawan I, Deswandiri. Hubungan Ssfety Culture dengan Perilaku Kesehatan dan Keselamatam Kerja pada Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir Batan Tahun 2020. Archive Of Community Health. 2021;8(1):55–71.

Muslim R, Harianto F. Efek Safety talk terhadap Perilaku K3 di Proyek Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon Surabaya. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa. 2021 May 13;10(1):99–111.

Gumelar F, Ardyanto D. Hubungan Kepatuhan dan Pengetahuan tentang APD dengan Safety talk di Unit Maintenance Perusahaan Semen. JPH RECODE. 2018 Mar;1(2):155–65.

Yulianti W. Gambaran Efektivitas Penerapan Safety talk terhadap Sopir Truk Tronton di Terminal Petikemas PT. Pelindo IV Makassar. [Makassar]: Universitas Islam Negeri Indonesia; 2021.

Anggraeni MD, Puspikawati SI. Perbedaan Nilai Sebelum dan Setelah Program Weekly Safety talk Pada Pekerja di PT. Bumi Suksesindo Banyuwangi. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh [Internet]. 2019;2(3):69–76. Available from: http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/makma

Lestari SD. Pengaruh Pemberian Safety talk terhadap Tingkat Penggunaan APD pada Karyawan PT. Semen Bosowa. [Makassar]: Universitas Muhammadiyah Makassar ; 2021.

Nugraha H, Yulia L. Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Upaya Meminimalkan Kecelakaan Kerja pada Pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. 2019;10(2):93–102.

BPJS Ketenagakerjaan. BPJS KetenagakerjaaBPJS Ketenagakerjaan Catat 65,89 Persen Kecelakaan Terjadi di Dalam Lokasi Kerja. 2021.

Andriyadi Y, Setyowati DL, Ifroh RH. Hubungan Safety Promotion dengan Perilaku Aman pada Pekerja Konstruksi Proyek Pembangunan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. 2021 Jul 2;16(2):56–63.

Huang Y hsiang, Sinclair RR, Lee J, McFadden AC, Cheung JH, Murphy LA. Does talking the talk matter? Effects of supervisor safety communication and safety climate on long-haul truckers’ safety performance. Accid Anal Prev. 2018 Aug 1;117:357–67.

Nasrudin J. Metodologi Penelitian Pendidikan (buku ajar praktis cara membuat penelitian). Bandung: PT. Panca Terra Firma; 2019.

Agustin GA, Harianto F. Pengaruh Pengalaman Kerja, Safety Morning Talk (SMT), dan Poster K3 terhadap Kecelakaan Kerja yang Dimoderasi oleh Kepatuhan Prosedur Kerja. Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur. 2019;1(1):70–7.

Mahyuni EL, Yustina I, Sudaryati E, Keselamatan D, Kerja K, Masyarakat K. Pengaruh Implementasi Metode Safety talk dan Check pada Petani Hortikultura di. Vol. 3, Desa Sumber Mufakat Kabupaten Karo. 2018.

Published

2023-12-30

How to Cite

Deitra Qharizah Ananda, Abd. Gafur, & Mansur Sididi. (2023). Pengaruh Safety Talk Terhadap Perilaku Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pekerja PT. Pelindo Terminal II. Window of Public Health Journal, 4(6), 957–967. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1025

Issue

Section

Articles