Kepuasan Pasien dengan Minat Kembali Pasien Post Operasi di Rumah Sakit

Authors

  • Kartika Pratiwi M Jabir Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Mappanganro Universitas Muslim Indonesia
  • Haeril Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/won.v5i1.688

Keywords:

Kepuasan pasien, minat kembali

Abstract

Rumah sakit adalah sebuah institusi pelayanan kesehatan yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan yang terkait dengan penyembuhan dan pencegahan penyakit kepada masyarakat. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan akan positif dan besar pengaruhnya terhadap minatnya untuk berperilaku menggunakan jasa yang sama, apabila konsumen merasakan pelayanan dengan kualitas yang tinggi yaitu pelayanan yang didapat sama atau lebih tinggi dari yang diharapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan minat kembali pasien post operasi di RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional study. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 40 pasien. Uji bivariat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan signifikansi untuk kepuasan pasien sebesar 0,024 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan minat kembali pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan minat kembali pasien post operasi di Ruang Mamminasa Baji RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Provinsi Sulawesi untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga pasien yang datang berkunjung terus merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

 

 

References

Kiswara RM, Mifbakhuddin M, Prasetio DB. Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Perawat Rawat Jalan dan Rawat Inap. J Kesehat Masy Indones. 2020;15(2):47. doi:10.26714/jkmi.15.2.2020.47-51

Jalias SJFD, Arman, Fairuz Prihatin Idris. Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di puskesmas tamalate makassar 2020. J Muslim Community Heal. 2020;1(2):37-49.

Alamri AM, Rumayar AA, Kolibu FK. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (Rsi) Sitti Maryam Kota Manado. Pharmacon. 2015;4(4):241-251. doi:10.35799/pha.4.2015.10213

Nurwianti I, Mita, Putri TH. Perilaku Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit: Literature Review. J Proners. 2020;5(2):1-9.

Darus M, Milawati S, Maemunah N. Kebijakan Dasar Puskesmas Kesehatan Masyarakat. Nurs News (Meriden). 2018;3 Nomor 1:612-619.

Masruron L, Kuntjoro T, Kartasurya MI. Analisis Kepuasan Pasien Dilihat dari Minat untuk Dirawat Kembali Terhadap Pelayanan Dokter dan Perawat. J Manaj Kesehat Indones. 2019;7(2):81-87. doi:10.14710/jmki.7.2.2019.81-87

Citra EW, Razak A, AP ARA. Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Mina Kunjungan Kembali Melalui Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Salewangan Maros Tahun 2021 Prosiding Seminar Nasional SMIPT 2021 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , vol . Pros Semin Nas. 2021;4(1):379-396.

Astuti D. Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia J Public Heal Res Dev. 2017;1(1):51-57.

Rondonuwu NS, Sondakh RC, Ratag BT. Hubungan antara Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Rawat Jalan dengan Minat untuk Memanfaatkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado Tahun 2014. Published online 2014:1-7. http://fkm.unsrat.ac.id/wp-content/uploads/2014/10/natalya-r.pdf

Yeta MD, Zain U, Silaen M. Faktor Penentu Minat Berkunjung Ulang Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Neurologi Rsud Dr. Pirngadi Kota Medan. J Heal Sains. 2020;1(5):310-319. http://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/55

Ibojo, Odunlami B. Impact of Customer Satisfaction on Customer Retention: A Case Study of a Reputable Bank in Oyo, Oyo State. Nigeria. Int J Manag Stud Res. 2015;3(2):42-53. www.arcjournals.org

Adi AS. Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. JMK (Jurnal Manaj dan Kewirausahaan). 2018;3(2):72-89.

Lestari IS, Herawati VD. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pada Layanan Di Klinik Pratama Asy-Syifa Sragen. J Ilmu Keperawatan …. 2019;12(2):102-116. http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/366

Setiawan A, Darmawansyah, Hamzah A. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap RSUD Tenriawaru Bone. Universitas Hasanuddin; 2012.

Published

2024-06-25

How to Cite

M Jabir, K. P., Andi Mappanganro, & Haeril Amir. (2024). Kepuasan Pasien dengan Minat Kembali Pasien Post Operasi di Rumah Sakit. Window of Nursing Journal, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.33096/won.v5i1.688

Issue

Section

Articles