Penerapan Family Centered Care dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Selama Hospitalisasi pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.33096/won.v5i1.726Keywords:
Anak, Family Centered Care, Hospitalisasi, Kepuasan, KeluargaAbstract
Pelayanan keperawatan di ruang perawatan anak diukur berdasarkan kepuasan orang tua yang diperoleh selama hospitalisasi anak. Untuk dapat meningkatkan kualitas, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengukur tingkat kepuasan pasien dan keluarga terhadap penerapan Family Centered Care di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara penerapan Family Centered Care dengan tingkat kepuasan keluarga selama hospitalisasi di RSUD Labuang Baji Makassar. Survei ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah populasi sebanyak 74 orang dan sampel sebanyak 63 orang responden. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square correlation dan diuji menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan Family Centered Care yang dinilai baik oleh keluarga sebanyak 52 orang, dengan respon puas terhadap pelayanan sebanyak 51 orang (98.1%) dan tidak puas hanya 1 orang (1.9%). Sedangkan penerapan Family Centerd Care yang dinilai kurang baik sebanyak 11 orang, dengan respon puas sebanyak 4 orang (36.4%) dan tidak puas sebanyak 7 orang (63.6%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penerapan Family Centered Care dengan tingkat kepuasan keluarga selama hospitalisasi anak di RSUD Labuang Baji Makassar dengan nilai signifikansi p-value = 0.000 < 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan signifikan antara Family Centered Care dengan tingkat kepuasan keluarga selama hospitalisasi anak di RSUD Labuang Baji Makassar.
References
Kuswanto. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rs Dolopo Kabupaten Madiun. Journal of Nursing Care & Biomolecular. 2019;4(1):41–7.
Sarjiyah S, Timiyatun E, Hariyanti S. Hubungan penerapan family centered care oleh perawat dengan stres orangtua selama hospitalisasi bayi. Health Sciences and Pharmacy Journal. 2018;2(3):89.
World Health Organization. Medication Safety Webinar series: Engaging Patients and Families for Medication Safety. 2022;
Rivai F, Lestari S, Shaleh K, Manajemen B, Sakit R, Masyarakat FK. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI. 2020;16(1):38–47.
Natsir NA. Gambaran Kepuasan Orang Tua terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang PICU RSUP DR.Wahidin Sudirohusodo. Universitas Hasanuddin; 2019.
Amalia A, Tua H, Rusli Z. Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Dan Kepuasan Pasien. Jiana, Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 2017;14(3):356–63.
Mellawaty. Analisis Dimensi Mutu dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Suatu Tinjauan Sistematis. 2020;
Rosalia K, Purnawati N. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2018;7(5):242718.
Jahirin, Nurjanah R. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit. Healthy Journal. 2017;V(2):17–24.
Listiani I. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Pasien dengan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Keperawatan Universitas Muhammadya Malang. 2017;4(1):724–32.
Sihaloho NSRU, Herliana I. Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia. 2017;7(2):239–47.
Arifin S, Rahman A, Muhyi R, Octaviana Putri A, Hadianor H. Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2019;6(2):40–5.