Hubungan Komunikasi Verbal dan Nonverbal dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Rasma Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Tutik Agustini Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Wahyuni Munir Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/won.v4i1.489

Keywords:

Komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, kepuasan, pasien

Abstract

Rumah sakit merupakan organisasi dengan kompleksitas yang sangat tinggi. Sering kali rumah sakit disebut sebagai organisasi yang padat modal, padat sumber daya manusia, padat teknologi, padat ilmu pengetahuan dan padat regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Mawar RS TK II Pelamonia Makassar. Desain penelitian ini adalah Survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional study. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan besar sampel 122 responden. Uji bivariate yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Komunikasi Verbal dengan kepuasan pasien di Ruang Mawar RS TK II Pelamonia Makassar (p value 0,024 < 0,05). Tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi non verbal terhadap kepuasan pasien di Ruang Mawar RS TK II Pelamonia Makassar (p value 0,215 > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara komunikasi verbal dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Mawar RS TK II Pelamonia Makassar, tidak ada hubungan komunikasi non verbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Mawar RS TK II Pelamonia Makassar. Oleh karena itu lebih meningkatkan lagi komunikasi verbal dan non verbal perawat terhadap pasien rawat inap di Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar. Kepala ruangan terus memotivasi staf/perawat untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam komunikasi baik verbal maupun non verbal, memotivasi staf/perawat agar bisa meningkatkan komunikasi verbal seperti mengucapkan salam (sesuai agama pasien) dan meningkatkan bentuk perhatian terhadap kebutuhan pasien tanpa diminta. 

References

Librianty, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruangan Rawat Inap Mawar Rsud Bangkinang Tahun 2016. 29(1), 11–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2766.

Feleke, A. A., Demise, Y. A., & Garedew, M. G. (2020). Patient Satisfaction And Associated Factors On In-Patient Nursing Service At Public Hospitals Of Dawro Zone, Southern Ethiopia. International Journal Of Caring Sciences. 13(2), 1411-1420.

Maulana, N., Novianti, L., & Sutriyati, S. (2021). Analysis of the Relationship Between Service Quality and Patient Satisfaction in Polyclinic Acupuncture and Herbs Lktm Palembang. Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh, 7(1), 35-42.

Purwanto, D., & Anggraeni, T. (2014). Intisari Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Perawat Denga Tingkat Kepuasan RSUD Kabupaten Sragen. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 1–12. http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/344.

Rusnoto, A., Utomo, T. P., & Kudus, U. M. (2019). Hubungan Komunikasi dan pelayanan Keperawatan. 10(2), 343–349.

Hayulita, S., & Fajri, N. (2016). Hubungan Komunikasi Verbal Perawat dalam pelayanan dengan tingkat kepuasan di Ruang Rawat Inap Interne Rsi Ibnu Sina Bukittinggi Tahun 2014. 3(I), 52–59. www.ejournal.stikesyarsi.ac.id/index.php/JAV1N1/article/view/75.

Agustina, N., & Sakawati, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bahagia Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1–21. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19254.

Lahendri, Muzakkir, & Gunawan. (2016). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Perawatan Mawar Lantai II RSU Wisata UIT Makassar. Jurnal Management, 1(2). 1-10.

Donsu, Jenita D. T. (2020). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Pustakabarupress.

Noorbaya, S.,Johan,H.,& Rahayu,.S. (2018). Komunikasi Kesehatan.

Naconha, A. E. (2021). Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non-Verbal Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Bpjs Di Puskesmas Kabupaten Bengkal. 4(1), 6. https://jom.htp.ac.id/index.php/rmik/article/view/401.

Ganiem, L, M. (2018). Komunikasi Kedokteran konteks Teoritis dan Praktis. Depok : Prenadamedia Group.

Published

2023-06-30

How to Cite

Rasma, Tutik Agustini, & Munir, N. W. (2023). Hubungan Komunikasi Verbal dan Nonverbal dengan Tingkat Kepuasan Pasien . Window of Nursing Journal, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.33096/won.v4i1.489

Issue

Section

Articles