Dukungan Keluarga pada Self Care Anak Usia Pra Sekolah

Authors

  • Hariyati R Abd Kadir Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Sunarti Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Rizqy Iftitah Alam Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/won.v3i1.482

Keywords:

Anak Pra Sekolah; Dukungan Keluarga ; Self Care

Abstract

Anak pra sekolah adalah anak berusia 3-5 tahun yang memiliki berbagai macam potensi perkembangan motorik merupakan proses perkembangan kontrol gerak tubuh melalui koordinasi aktivitas saraf pusat, saraf terapi, dan otot. Perkembangan motorik akan berkembang pesat dari 50% menjadi 80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan informasional, dukungan emosional, dukungan instrumental, dan dukungan penilaian dengan self care pada anak usia pra sekolah di Desa Matantengin Kec.Pulau Makian Provinsi Maluku Utara.  Penilitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain cross sectional.  Sampel penelitian ini berjumlah 40 responden dengan Teknik total sampling, instrument penelitian ini mengunakan kuesioner. Analisis dat mengunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis hubungan dukungan informasional, hubungan dukunagn emosional, hubungan dukungan instrumental, hubungan dukungan penilaian dengan self care pada anak usia pra sekolah memiliki nilai Signifikan = 0,002 (sig= 0.002<0.005). kesimpulan dari penelitian ini ke empat fungsi dukungan keluarga terdapat ada hubungan dukungan dengan self care anak usia pra sekolah di Desa Matantengin Kec.Pulau Makian Provinsi Maluku Utara.

 

Published

2022-06-30

How to Cite

R Abd Kadir, H., Sunarti, & Alam, R. I. (2022). Dukungan Keluarga pada Self Care Anak Usia Pra Sekolah . Window of Nursing Journal, 3(1), 101–107. https://doi.org/10.33096/won.v3i1.482

Issue

Section

Articles