Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Gadget
DOI:
https://doi.org/10.33096/won.v2i1.290Keywords:
Psikososial, ketergantungan gadget, prasekolahAbstract
Anak usia prasekolah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun. Pada periode ini pertumbuhan fisik melambat dan perkembangan psikososial serta kognitif mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perkembangan psikososial anak prasekolah berdasarkan tingkat ketergantungan gadget. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua anak prasekolah umur 3-6 tahun di Dusun Wanua Tua Desa Sering Kabupaten Soppeng berjumlah 34 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan besar sampel sebanyak 34 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, anak prasekolah yang tidak ketergantungan gadget memiliki perkembangan psikososial baik yaitu sebanyak 85%. Sementara anak yang ketergantungan gadget ringan juga memiliki perkembangan psikososial baik yaitu sebanyak 66.7%, sedangkan anak yang ketergantungan sedang, 100% memiliki perkembangan psikososial kurang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, sebagian besar anak prasekolah memiliki perkembangan psikososial baik, meskipun demikian orang tua tetap harus memperhatikan faktor yang bisa saja mempengaruhi psikososial anak termasuk penggunaan gadget.