Karakteristik Individu dan Kinerja Pelayanan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan
DOI:
https://doi.org/10.33096/won.v3i1.210Abstract
Karakteristik individu adalah ciri khas atau sifat khusus yang dimiliki seseorang karyawan yang dapat menjadikan dirinya memiliki kemampuan yang berbeda dengan orang lain untuk mempertahankan dan memperbaiki kerja didalam organisasinya. Penilitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui hubungan krakteristik individu dan kinerja pelayanan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Poliklinik RS Pelamonia Tk II kota Makassar. penelitian ini adalah penelitian deskritif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penilitian ini berjumalah 50 responden dengan teknik stratified sampling atau stratified random sampling. Instrument penilitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik Chi-Squar. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa hasil analisis antara umur dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,003 > 0,05, pendidikan dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,002 > 0,05, penghasilan dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,012 > 0,05, penanggung biaya dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,011 > 0,05, jarak tempat tinggal dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,019 > 0,05, kinerja pelayanan dan loyalitas pasien rawat ini didapatkan nilai p-value sebesar 0,037 > 0,05. Kesimpulan dari penilitian ini Karakteristik individu dan Kinerja pelayanan memiliki hubungan yang signfikan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Poliklinik RS TK II Pelamonia Kota Makassar.