Tingkat Kualitas Hidup Pasien Setelah IMA dengan Menjalani Program Rehabilitasi Jantung Berbasis Latihan (Literature review)

Authors

  • Safitri Ulandari Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurwahyuni Munir Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Wa Ode Sri Asnaniar Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/won.v3i2.165

Abstract

Cardiac Rehabilitation (CR) tertutama dirancang untuk menanggulangi bebas fisiologi serta psikologis penyakit jantung. Tujuan utama rehabilitasi jantung yaitu untuk memaksimalkan fungsi fisik, dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta dapat mengurangi kekambuhan kejadian utama jantung serta serebrovaskular. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan literature review untuk mengetahui tingkat kualitas hidup pada penderita setelah IMA dengan menjalani rehabilitasi jantung berbasis latihan. Desain penelitian ini menggunakan metode literature review, dengan pencarian yang dipublikasikan pada tahun 2010-2020 melalui media elektronik pubmed, proquest, dan science direct, dengan keywords “Exercise Cardiac Rehabilitation”,“Myocardial Infarction”, dan “Quality of Life” dengan filter full text, open accses, dan berdasarkan subjek keywords. Hasil yang diperoleh ada 9 artikel penelitian dengan menggunakan metode quasi experimen , cohort prospective dan restropektive, pre experimen, non equivalent, true experimen. Pada 9 artikel penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kualitas hidup yang terjadi pada pasien setelah IMA yang mengikuti rehabilitasi jantung berbasis latihan, dengan jangka waktu yang berbeda-beda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rehabilitasi jantung yang menggunakan exercise atau latihan fisik dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan lebih baik, rehabilitasi jantung dinilai dalam beberapa tahap dan dalam waktu yang ditentukan sesuai dengan gejala yang dialami pasien. beberapa penelitian sebelumnya mengalami keterhambatan karena alat yang digunakan pada rehabilitasi jantung kurang, maka dari itu rehabilitasi jantung juga dapat dilakukan di rumah sakit atau dirumah dengan beberapa latihan fisik ringan yang di sarankan oleh ahli dan dalam pengawasan langsung.

 

Published

2022-12-30

How to Cite

Safitri Ulandari, Nurwahyuni Munir, & Wa Ode Sri Asnaniar. (2022). Tingkat Kualitas Hidup Pasien Setelah IMA dengan Menjalani Program Rehabilitasi Jantung Berbasis Latihan (Literature review). Window of Nursing Journal, 3(2), 132–139. https://doi.org/10.33096/won.v3i2.165

Issue

Section

Articles